Berapa Kali Pria Ereksi dalam Satu Hari Penuh?

doktersehat ereksi pria

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda bertanya tentang jumlah ereksi yang terjadi pada pria setiap harinya? Pernahkah Anda penasaran dan akhirnya menghitung berapa kali ereksi terjadi khususnya saat malam, pagi, atau saat siang baik sengaja maupun tidak sengaja?

Ereksi pada pria terjadi lebih dari satu kali, bahkan lebih dari lima kali. Anda mungkin merasa tidak mengalami ereksi sebanyak itu. Namun, faktanya tidak semau ereksi dirasakan pria karena terjadi saat mereka sedang tidak sadar diri atau alam kondisi tertidur dengan nyenyak.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang ereksi yang terjadi pada pria, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Ereksi dalam satu hari

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mungkin Anda tidak merasa mengalami ereksi saat siang hari atau mungkin malam. Ereksi yang sering dirasakan dan selalu disadari mungkin saat pagi hari setelah bangun tidur. Anda akan merasakannya karena ereksi akan berjalan selama 15-30 menit sebelum akhirnya kembali ke bentuk flaccid.

Ereksi terbanyak yang dialami oleh pria justru terjadi saat malam hari. Saat kesadaran menurun, aliran darah tetap berjalan dengan lancar. Aliran darah ini menyebabkan penis mengalami ereksi dengan atau tanpa rangsangan. Saat tidur pria bisa mengalami ereksi sebanyak 3-5 kali dengan durasi 25-35 menit setiap sesi.

Kondisi bernama nocturnal penile tumescence ini terjadi pada siapa saja khususnya pria yang sudah puber. Selanjutnya saat siang atau sore hari, kemungkinan ereksi akan tetap terjadi meski hanya spontan saja sebanyak 2-3 kali.

Penyebab ereksi pada pria

Pria mengalami ereksi karena banyak hal. Secara umum kita bisa membaginya dalam beberapa kelompok.

  1. Ereksi karena rangsangan tidak langsung

Ereksi bisa muncul karena rangsangan tidak langsung. Maksud rangsangan tidak langsung ini adalah rangsangan yang tidak melibatkan adanya kontak secara fisik. Pria hanya melihat, mendengar, atau membaui rangsangan. Misal pria melihat video pornografi lalu mengalami ereksi.

Selanjutnya ada juga pria yang mengalami ereksi karena mendengar suara lawan jenis dan aroma tubuhnya. Meski tidak ada kontak fisik, ereksi tetap bisa terjadi dengan mudah.

  1. Ereksi karena rangsangan langsung

Ereksi jenis kedua ini terjadi karena ada rangsangan secara langsung dari pasangan bercinta. Misal saat pria berciuman dengan pasangan atau saat sedang melakukan foreplay. Ereksi akan berjalan dengan sendirinya begitu ada kontak yang cukup intens.

  1. Ereksi karena tubuh relaks

Ereksi juga terjadi saat tubuh merasakan relaks seperti saat tidur di malam hari. Ereksi akan sering terjadi meski sering tidak disadari oleh pria. Selanjutnya setelah berolahraga, pria akan sering mengalami ereksi karena aliran darah di dalam tubuhnya berjalan lancar.

Ereksi dan tanpa kesehatan seksual

Ereksi yang terjadi secara spontan memang membuat beberapa pria merasa tidak nyaman. Selain itu ereksi yang terjadi cukup lama di pagi hari juga membuat beberapa pria merasa tidak nyaman dan cenderung malu karena sering membuat celananya terlihat menyembul.

Ereksi yang terjadi setiap saat atau pagi hari sebenarnya tanda dari kesehatan organ reproduksi dari pria. Ereksi yang dialami merupakan tanda kalau aliran darah ke penis berjalan dengan lancar dan peluang alami disfungsi ereksi cukup besar.

Oh ya, beberapa pria yang alami disfungsi ereksi tapi pagi hari penisnya bisa mengeras, artinya gangguannya bukan masalah fisik. Gangguan yang dialami adalah psikis.

Demikianlah sedikit ulasan tentang ereksi yang terjadi pada pria. Jadi, sudah tahu kan kalau dalam satu hari pria bisa mengalami ereksi lebih dari lima kali.