Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun bukan termasuk vitamin yang hits, namun ternyata vitamin B1 punya sejuta manfaat. Tidak hanya untuk mendukung fungsi sistem dan organ tubuh, namun juga mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Apa sajakah penyakit yang mampu dicegah vitamin B1?

Empat Penyakit yang Bisa Dicegah Dengan Vitamin B1

Umumnya vitamin B1 memiliki manfaat utama dalam metabolisme energi, utamanya pembentukan dan perkembangan fungsi sel dasar tubuh. Selain itu National Institute of Health (NIH) menyebutkan empat jenis penyakit yang bisa dicegah dengan vitamin B1, yaitu:

1. Diabetes

Studi menunjukkan bahwa penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, memiliki kadar vitamin B1 yang rendah dalam tubuhnya. Selain itu, penggunaan suplemen vitamin B1 mampu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh penderita diabetes. Hal inilah yang menyebabkan asupan vitamin B1 yang tercukupi mampu mencegah terjadinya diabetes.

2. Gagal jantung

20 hingga 98% pasien yang mengalami gagal jantung memiliki kadar vitamin B1 yang rendah dalam tubuhnya. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 33% penderita gagal jantung kronis memiliki riwayat kekurangan asupan vitamin B1. Kondisi ini dipengaruhi oleh cukup banyak hal diantaranya asupan makanan, obat dan suplemen lain yang dikonsumsi.

3. Alzheimer

Vitamin B, termasuk vitamin B1, erat kaitannya dengan fungsi saraf. Kadar vitamin B1 yang rendah pada penderita alzheimer meningkatkan risiko terjadinya stress oksidatif pada saraf, kematian neuron otak hingga kehilangan memori. Konsumsi suplemen vitamin B1 kini mulai diteliti untuk dianjurkan pada penderita alzheimer.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Wernickle-korsakoff syndorme

Wernickle-korsakoff syndorme adalah penyakit neuropsikiatrik yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol sangat memengaruhi kadar vitamin B dalam tubuh, sehingga hal inilah yang menyebabkan vitamin B1 harus mendapat perhatian penting untuk orang dengan konsumsi alkohol berlebihan.

Nah, itu dia empat penyakit yang mampu dicegah dengan asupan vitamin B1 yang tercukupi. Apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin B1 harian Anda?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi