Mengatasi Masalah Kulit Berminyak dengan Ekstrak Kulit Pohon Willow

doktersehat-ekstrak-kulit-pohon-willow
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Saat menyeleksi sejumlah produk perawatan kulit, tentu Anda sempat menjumpai tambahan bahan dengan nama Willow bark. Willow bark atau kulit pohon Willow menjadi salah satu bahan alami yang belakangan ditambahkan pada produk perawatan kulit. Hal ini lantaran sejumlah manfaat baik yang didapatkan dari kulit pohon Willow. Bahkan, kulit pohon Willow putih atau yang memiliki nama latin Salix Alba ini diklaim mengandung bahan anti jamur hingga anti peradangan yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat. Sebenarnya apa saja sih khasiat dari kulit pohon Willow, terutama bagi pemilik kulit berminyak?

1. Membantu Menyerap Kelebihan Minyak

Kulit berminyak rentan mengalami kelebihan produksi sebum. Tidak heran jika kulit tampak lebih mengkilap karena minyak berlebih tersebut. Minyak berlebih juga membuat pori-pori mudah mengalami penyumbatan yang akhirnya memicu komedo dan jerawat. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan ekstrak kulit pohon Willow. Dilansir dari laman Annmarie Gianni, kulit pohon Willow dapat menyerap kelebihan minyak secara optimal.

2. Mengeksfoliasi Kulit

Kulit pohon Willow juga dikenal sebagai salah satu eksfolian alami yang dapat meluruhkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Tidak heran jika penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan esktrak kulit pohon Willow akan menjadikan kulit tampak lebih bersih dan cerah.

3. Memudarkan Garis Halus Penyebab Keriput

Bertambahnya usia atau pun beberapa faktor lain kerap memicu munculnya garis halus penyebab keriput pada sejumlah sudut wajah. Tentu saja kondisi yang demikian menjadikan penampilan kurang menarik. Namun, Anda dapat menyiasatinya menggunakan kulit pohon Willow. Minyak esensial atau produk yang mengandung kulit pohon Willow dapat memudarkan garis-garis halus pada wajah. Tidak heran jika kulit tampak lebih kencang dan flawless dari biasanya.

4. Mencegah Radikal Bebas

Udara yang dipenuhi dengan bahan polutan berbahaya saat ini memang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama kulit. Bahkan, kulit akan mudah menjadi kusam dan rentan mengalami breakout. Tidak hanya itu saja, terpapar polutan secara berlebih juga memicu kanker kulit yang sangat berbahaya. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan kulit pohon Willow yang dilengkapi dengan antioksidan.

Kulit pohon Willow sendiri biasanya dijual dalam bentuk kering pada sejumlah toko herbal. Namun, tidak jarang pula Anda menemui minyak esensial yang terbuat dari kulit pohon Willow putih ini. Anda dapat menggunakan olahan kulit pohon Willow dalam perawatan kecantikan harian yang dapat dikombinasikan dengan bahan lain.