Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga dan merawat kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya eksfoliasi alias pengelupasan kulit agar berganti dengan yang baru. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang tidak bisa dengan mudah dihilangkan dengan pembersih.

Eksfoliasi Fisik vs Kimia, Mana yang Lebih Baik?

Photo Credit: Flickr.Com/ Kylle Aquino

Eksfoliasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu fisik dan kimia. Keduanya jelas menyajikan metode yang berbeda namun dengan tujuan sama. Meski demikian, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dari keduanya. Mana yang lebih tepat untuk Anda?

1. Eksfoliasi Fisik

Metode ini menggunakan bahan dasar scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara ini cukup efektif, namun harus dilakukan dengan lembut. Karena jika tidak hati-hati akan muncul micro-tear pada kulit, yaitu kondisi di mana kulit mengalami luka karena gesekan scrub. Selain scrub, ada metode lain yang bisa digunakan, yaitu microdermabrasi. Konsepnya sama dengan scrub, hanya saja yang ini dilakukan oleh dokter dengan peralatan medis.

2. Eksfoliasi Kimia

Menggunakan eksfoliasi kimia memang lebih mudah dan dengan hasil yang lebih terlihat. Ada dua jenis bahan yang digunakan yaitu AHA dan BHA. AHA akan melepaskan “lem” yang mengikat kulit mati, namun akan memberikan efek yang terlihat kotor sementara waktu. Namun jika sel kulit mati sudah mengelupas, wajah akan terlihat lebih sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Berbeda dengan AHA, BHA mampu merasuk lebih dalam ke kulit dan pori-pori. Karenanya, daya bersihnya pun lebih baik dari AHA. BHA juga bersifat anti bakteri dan sangat dianjurkan untuk masalah jerawat dan komedo.

Itulah gambaran singkat tentang dua metode eksfoliasi. Baik fisik maupun kimia memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Namun pada dasarnya mereka bertujuan untuk mempercantik kulit dengan mengangkat sel-sel kulit yang sudah rusak dan mati. Mana yang Anda pilih?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi