Wah, Terlalu Banyak Vitamin C Juga Bisa Sebabkan Penyakit ini!

doktersehat suplemen
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Agar tetap sehat, tubuh memerlukan asupan vitamin yang cukup setiap harinya. Adapun vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh adalah vitamin C. Sebab, vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar lebih kuat terhadap ancaman berbagai macam penyakit. Selain itu, vitamin C juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen ataupun makanan sehat, seperti buah atau sayuran. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, diyakini tubuh akan menjadi lebih sehat, walau dalam aktivitas yang padat sekalipun.

Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak vitamin C juga tidak baik bagi kesehatan? Dikutip dari laman Boldsky, tubuh memang membutuhkan vitamin C yang cukup setiap harinya. Tapi, jika vitamin C yang diterima oleh tubuh terlalu banyak, justru akan menciptakan masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Dalam ilmu medis, dikatakan bahwa tubuh manusia hanya bisa menyerap vitamin C sebesar 90 miligram saja. Maka ketika asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, maka tubuh akan memrosesnya sebagai kalsium oksalat. Nah, jika kalsium oksalat tersebut bersatu dengan mineral serta senyawa lainnya maka  bisa mengkristal dan akhirnya menyebabkan batu ginjal.

Semakin banyak vitamin C yang bersatu dengan mineral tersebut, maka semakin banyak pula Kristal yang terbentuk. Alhasil, proses pengeluaran urin akan terhambat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk memerhatikan asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika terbiasa mengonsumsi suplemen vitamin, maka konsumsilah secara wajar dan jangan berlebihan. Sebab, tak sedikit orang yang mengonsumsi suplemen secara berlebihan dengan dalih agar tubuh lebih kebal dari ancaman penyakit.

Alangkah lebih baiknya, Anda mencukupi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi makanan alami dan sehat, seperti buah jeruk, kiwi, pepaya, jambu, dan sebagainya.