Efek Sauna untuk Kesehatan Tubuh dan Seksualitas Pria

efek-sauna-untuk-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Sauna adalah salah satu aktivitas relaksasi yang dilakukan di dalam ruangan suhu cukup tinggi. Normalnya suhu di dalam sauna sekitar 70° Celcius bahkan bisa lebih. Suhu tubuh akan meningkat sehingga produksi keringat akan meningkat. Kulit akan lebih lembut meski efek lain juga akan didapatkan. Adakah efek sauna untuk pria?

Jenis sauna yang sering digunakan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai efek sauna untuk pria, kita ketahui dulu berbagai jenis sauna yang sering digunakan. Ada beberapa jenis sauna yang sering digunakan dan dipilih.

Beragam jenis sauna terdiri dari:

  1. Sauna dengan kayu bakar

Sauna dengan kayu bakar hanya digunakan oleh penduduk secara tradisional. Cara menggunakannya adalah dengan membakar kayu lalu menyiramnya dengan air untuk memberikan efek uap yang cukup banyak selama beberapa saat.

  1. Sauna dengan penghangat elektrik

Karena kayu terkadang susah didapatkan dan berpotensi sebabkan kebakaran, penghangat listrik sering digunakan. Berada di dalam ruangan dengan suhu cukup tinggi akan membuat siapa saja jadi mudah berkeringat dan kotoran di kulitnya ikut luntur.

  1. Sauna inframerah

Sauna jenis ini tidak dalam bentuk ruangan yang cukup besar. Biasanya ruangan hanya bentuk kapsul yang muat untuk satu orang saja. Setelah masuk, pengaturan suhu bisa dilakukan untuk memberikan efek hangat yang sama.

  1. Sauna dengan uap air panas

Berbeda dengan jenis sauna lainya, uap panas digunakan untuk membuat seseorang mudah berkeringat. Kelembapan yang tinggi juga sedikit mengurangi efek dehidrasi.

Manfaat sauna untuk pria

Nah, tentu kita juga harus tahu apa saja manfaat sauna untuk pria. Tak bisa dipungkiri bahwa melakukan sauna memberikan cukup banyak manfaat pada pria. Berikut beberapa manfaat sauna yang bisa didapatkan secara instan:

  • Melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan suhu yang cukup tinggi, tubuh menjadi cukup relaks. Peredaran darah yang berjalan dengan baik membantu pria mengatasi rasa sakit di tubuhnya khususnya di area persendian. Selanjutnya, ereksi juga kemungkinan besar meningkat kekerasannya.
  • Memulihkan otot setelah latihan beban. Dengan efek menurunkan rasa sakit, penyembuhan otot juga bisa berjalan dengan lebih cepat dari sebelumnya.
  • Menurunkan kadar stres dengan cukup intens. Saat sauna, tubuh akan relaks sehingga tekanan yang cukup besar bisa dinetralkan. Pria bisa menikmati waktu relaksasi dan mendapatkan pikiran dan tubuh yang segar.
  • Menyehatkan jantung secara menyeluruh karena terpicu dengan aliran darah yang mengalir dengan cukup stabil.
  • Kulit akan lebih sehat karena semua racun dan radikal bebas ikut keluar saat keringat muncul.
  • Mereka yang miliki kondisi asma juga bisa terbantu khususnya untuk memberikan rasa nyaman saat bernapas.

Efek sauna untuk pria

Meski bermanfaat, sauna tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Percaya atau tidak, efek sauna untuk pria bisa dikatakan serius karena ternyata bisa mengganggu sistem reproduksi.

Lebih jelasnya, ini beragam efek sauna untuk pria:

  • Masalah tekanan darah. Pria yang memiliki tekanan darah rendah tidak disarankan untuk melakukan sauna tanpa petunjuk dari dokter. Sauna bisa menurunkan tekanan darah perlahan-lahan. Kalau pria memiliki serangan jantung sebelumnya, lebih baik bertanya pada dokter terlebih dahulu.
  • Peluang dehidrasi cukup tinggi. Suhu yang cukup tinggi membuat keringat di dalam tubuh mengalir cukup banyak keluar. Artinya, tubuh akan kekurangan air. Orang dengan gangguan ginjal tidak disarankan ke sini agar tidak kambuh.
  • Dehidrasi yang akut bisa menyebabkan pria jadi pusing hingga pingsan.
  • Jangan melakukan sauna terlalu lama karena bisa berdampak pada kesehatan dari organ seksual dan reproduksi. Kalau sampai testis terus mengalami kenaikan suhu, kemungkinan pria alami gangguan seks dan reproduksi cukup tinggi.

Nah, Anda sendiri tipe yang suka melakukan sauna atau tidak? Anda boleh melakukan sauna asal mengetahui kondisi tubuh dan tidak berlebihan. Pertimbangakn manfaat dan efek sauna untuk pria di atas, ya!