Efek Samping Menggunakan Masker Tomat

doktersehat-masker-tomat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam mendapatkan wajah yang cantik dan sehat, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satu cara yang paling populer dan digemari oleh kebanyakan wanita adalah menggunakan masker. Sebab, menggunakan masker terbilang cara yang mudah dan aman untuk dilakukan kapan saja serta di mana saja.

Ada banyak bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai bahan masker, seperti timun, pisang, lemon, dan masih banyak lagi. Namun, ada satu jenis bahan alami yang tak kalah sering digunakan, yakni tomat.

Ya, masker tomat memang sangat digandrungi oleh kebanyakan wanita. Sebab, selain simpel, bahan ini juga terbilang ekonomis dan mudah didapatkan. Banyak yang beranggapan bahwa masker tomat tak hanya memberikan kesehatan bagi wajah, tapi juga pada mata, salah satunya adalah menghilangkan mata panda.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata penggunaan masker tomat pun memiliki beberapa risiko bagi wajah. Apa saja risiko tersebut? Berikut diantaranya.

1. Alergi

Efek samping ini khusus bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Biasanya, ketika kulit wajah tidak cocok dengan masket tomat, maka akan terjadi tanda-tanda tak normal, seperti gatal-gatal, kemerahan, serta rasa panas layaknya terbakar. Jika hal terjadi pada Anda, maka sebaiknya hentikan penggunaan masker tomat dan ganti dengan bahan lainnya.

2. Gangguan Fungsi Mulut

Efek selanjutnya adalah terjadinya gangguan fungsi mulut. Hal ini terjadi ketika Anda menggunakan masker tomat secara berlebihan. Sebab, senyawa yang dikandung tomat akan merangsang terjadinya kekacauan hormon pada bibir sehingga menimbulkan beberapa efek, seperti bibir bengkak, bibir kering, dan bibir pecah-pecah.

3. Iritasi Mata

Hal ini sering terjadi akibat kelalaian dalam menggunakan masker tomat. Perlu diketahui, mata adalah organ yang sangat sensitif dan mudah sakit walau hanya karena hal kecil saja, misalnya debu. Begitu pula dengan cairan tomat, jika Anda tak hati-hati, cairan itu bisa tumpah pada mata sehingga menimbulkan iritasi.