Hentikan Penggunaan Make Up jika Muncul 3 Tanda Berikut ini

doktersehat-jerawat

DokterSehat.Com– Alat kecantikan atau yang biasa disebut dengan alat make up merupakan suatu kebutuhan bagi setiap wanita. Hampir semua wanita memiliki kebiasaan menggunakan make up. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan make up, wajah akan menjadi semakin cantik sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Make up bisa digunakan setiap hari, baik saat pergi bekerja, pergi jalan-jalan bersama kawan, atau ketika aktivitas lainnya. Akan tetapi, jika muncul tanda-tanda yang tidak baik pada kulit akibat penggunaan make up, sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaan make up tersebut agar tidak merusak kulit. Berikut adalah 3 tanda yang muncul pada kulit sehingga sebaiknya Anda menghindari penggunaan make up terlebih dahulu.

1. Gatal pada Kulit Wajah

Jika muncul gatal-gatal pada wajah akibat menggunakan make up, sebaiknya Anda benar-benar berhenti memoleskan make up pada wajah Anda. Terlebih lagi jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Sebab, jika muncul gatal-gatal pada wajah, maka akan berpotensi munculnya risiko iritasi pada kulit. Jika demikian, kulit wajah Anda akan menjadi rusak. Oleh sebab itu, hentikan terlebih dahulu penggunaan make up untuk sementara, biarkan kulit Anda beristirahat terlebih dahulu.

2. Jerawat

Jerawat memnag umum dialami oleh hampir setiap orang. Masalah kulit ini bisa ditimbulkan akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah, serta pola makan yang tidak sehat. Ketika muncul jerawat di wajah, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan make up terlebih dahulu. Sebab, menggunakan make up yang terlalu tebal sering membuat pori-pori menjadi tertutup sehingga menyebabkan kulit mudah berjerawat. Dengan demikian, jerawat yang ada di wajah Anda akan semakin parah.

3. Iritasi

Tanda yang terakhir adalah kulit menjadi kemerahan karena iritasi. Tidak semua produk make up cocok dengan kulit. Biasanya, banyak orang yang masih memaksakan menggunakan produk tersebut meskipun tidak cocok dengan kulit mereka. Akibatnya, kulit wajah mereka menjadi merah dan iritasi. Sebaiknya, penggunaan produk tersebut dihentikan karena bisa menyebabkan kulit Anda menjadi rusak. Selain itu, penggunaan make up harus dihentikan untuk sementara waktu agar proses penyembuhan iritasi bisa berjalan dengan cepat.