Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jamur adalah salah satu jenis tumbuhan yang cukup digemari oleh sebagian orang. Tumbuhan yang memiliki nama lain cendawan ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari sate jamur, tumis jamur, gorengan jamur, dan masih banyak lagi. Walaupun rasanya hambar, tapi tekstur dagingnya yang kenyal membuat tumbuhan yang satu ini mampu menggugah selera untuk menyantapnya.

Waspada, Sering Konsumsi Jamur Bisa Sebabkan Penyakit ini!

Tapi, tahukan Anda bahwa ada beberapa jenis jamur yang ternyata beracun dan bisa menyebabkan infeksi pada tubuh? Seperti yang dikatakan oleh pakar kesehatan asal FKUI, bahwasanya jamur bisa hidup dan berkembang di semua tempat, termasuk tubuh manusia. Namun, karena setiap manusia memiliki sistem kekebalan, maka jamur yang masuk ke dalam tubuh akan dibunuh sehingga tak sempat menimbulkan masalah serius.

Tapi jika jumlah jamur yang dikonsumsi terlampau banyak, terlebih ada infeksi pada jamur tersebut, maka tubuh akan kewalahan dalam memfilternya. Dengan begitu, risiko terjadinya gangguan pun semakin tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah infeksi jamur yang bisa menyerang tubuh:

  • Infeksi Tine Curis

Infeksi yang satu ini biasanya menyerang bagian paha, baik depan maupun belakang serta bagian kelamin. Biasanya, awal mula infeksi ini ditandai dengan munculnya ruam berwarna merah yang disertai rasa gatal dan sensasi panas. Walau terbilang tidak membahayakan, tapi infeksi yang satu ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan?

  • Infeksi Candidiasis

Untuk jenis infeksi ini bisa disebabkan oleh jamur candida. Umumnya, jamur ini akan menginfeksi bagian mulut dan sekitarnya. Tanda kemunculan dari jamur ini adalah timbulnya bintik-bintik putih pada lidah. Selain itu, reaksi dari jamur candida juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah layaknya sedang sariawan. Jika dibiarkan, infeksi ini akan merambat pada tenggorokan sehingga membuat Anda menjadi sulit menelan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Infeksi Tinea Corporis

Kalau jamur yang satu ini, Anda pasti sudah sering mengetahuinya. Ya, tinea corporis adalah infeksi jamur yang sering disebut dengan kurap. Biasanya, kemunculan dari jamur ini ditandai dengan ruam melingkar berwarna kemerahan dan putih di berbagai bagian tubuh, tapi seringnya di tangan dan kaki.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi