Waspadai 10 Efek Samping Daun Sirsak Ini bagi Tubuh

gambar-manfaat-daun-sirsak-doktersehat
Photo source: Bluechai.com

DokterSehat.Com – Beberapa tahun belakangan ini, daun sirsak banyak diburu orang karena bisa untuk mengobati penyakit kanker. Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui beberapa efek samping daun sirsak apabila digunakan secara berlebihan.

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang beberapa efek samping daun sirsak. Informasi tentang efek samping daun sirsak ini penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakan daun sirsak. Jadi, Anda bisa terhindar dari efek samping ini.

Sekilas tentang daun sirsak

Daun sirsak merupakan daun dari tanaman dengan nama latin Annona muricata L. Di tempat lain, daun sirsak juga dikenal dengan nama graviola. Berbagai manfaat ada di dalam daun sirsak. Kini, orang-orang telah menggunakan daun sirsak sebagai obat.

Pengolahan daun sirsak

Pengolahan daun sirsak yang dimanfaatkan sebagai obat biasanya diolah dalam bentuk  “teh”. Ada juga daun sirsak yang diolah menjadi ekstrak di dalam kapsul. Obat daun sirsak dalam bentuk kapsul biasanya bisa didapat dengan cara membeli di toko.

Pembuatan “teh” daun sirsak merupakan cara mengonsumsi obat daun sirsak yang lebih tradisional. Anda mungkin mengira teh daun sirsak sama dengan air teh pada umumnya. Teh daun sirsak tidak menggunakan teh sama sekali. Penggunaan kata “teh” di sini lebih mengarah pada cara pembuatan yang mirip teh.

Cara membuat teh daun sirsak adalah dengan merebus tujuh lembar daun sirsak dengan tiga gelas air bersih selama tiga puluh menit. Setelah itu, saringlah air rebusan daun sirsak. Anda bisa menambahkan madu agar rasa teh daun sirsak lebih enak. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum teh daun sirsak.

Efek samping daun sirsak bagi tubuh

Di samping manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui efek samping daun sirsak. Ada beberapa efek samping daun sirsak bagi tubuh. Efek samping ini bisa muncul bila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan.

Berikut ini adalah beberapa efek samping daun sirsak bagi tubuh:

1. Mual dan muntah

Apabila Anda mengonsumsi daun sirsak khususnya dalam bentuk air rebusan dalam jumlah yang sangat banyak maka ini bisa menyebabkan Anda langsung merasa mual. Rasa mual yang dialami ini pun seringkali memicu Anda untuk memuntahkan isi perut Anda. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna Anda.

2. Bisa membentuk kristal di ginjal

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi batu ginjal yang seringkali mengakibatkan disuria atau sulit buang air kecil.

Oleh karena itu, pengonsumsian teh daun sirsak sebaiknya dipadukan dengan tanaman herbal lainnya yang bersifat diuretik. Tanaman herbal yang bersifat diuretik mampu meluruhkan air seni sehingga tidak jenuh. Beberapa tanaman herbal tersebut seperti jinten, adas, dan daun sembung.

3. Bisa menyebabkan diare

Daun sirsak baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menyebabkan diare. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa membuat tinja Anda menjadi cair. Efek samping daun sirsak yang satu ini tidak boleh diremehkan.

Tubuh Anda bisa menjadi lemah karena akan kekurangan cairan. Apabila Anda mengalami efek ini maka minumlah air putih lebih banyak. Apabila Anda masih lemas maka segeralah pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat agar dehidrasi bisa cepat diatasi.

4. Mengalami masalah pada rahim

Pengonsumsian daun sirsak yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pada rahim. Daun sirsak dalam jumlah berlebih akan membuat dinding rahim berkontraksi. Hal ini bisa berakibat fatal pada wanita yang sedang hamil dan yang sedang merencanakan kehamilan karena meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

5. Meningkatkan jumlah keringat

Efek samping daun sirsak bisa meningkatkan produksi keringat. Jumlah keringat akan menjadi berlebih apabila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebih. Daun sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh Anda merasa panas dan akhirnya banyak mengeluarkan keringat tanpa Anda sadari. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak semakin menambah jumlah keringat.

Selain itu, gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar keringat bisa cepat mengering. Jika keringat masih saja deras selama beberapa hari maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Menimbulkan masalah jantung

Daun sirsak bisa memiliki efek samping yang serius yaitu bisa menimbulkan masalah pada jantung. Pengonsumsian daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular Anda sehingga bisa mengakibatkan masalah atau gangguan jantung. Oleh karena itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

7. Menyebabkan masalah neurologis dan gerakan

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga bisa berkembang pada gangguan gerakan. Selain neurologis, daun sirsak yang sering disajikan dalam bentuk teh bisa menimbulkan gangguan neurotoksisitas. Hal ini termasuk efek samping daun sirsak yang cukup serius.

8. Menyebabkan infeksi di dalam tubuh

Pengonsumsian daun sirsak dalam jangka panjang baik dalam bentuk teh maupun kapsul bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Infeksi yang ditimbulkan ini bisa terjadi cukup cepat. Oleh karena itu, janganlah mengonsumsi daun sirsak dalam jangka panjang.

9. Menghilangkan efek antidepresan

Bagi Anda yang sedang terapi obat-obatan antidepresan karena sedang mengalami depresi sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan efek samping daun sirsak bisa menghilangkan efek obat antidepresan yang Anda konsumsi.

Pengobatan masalah depresi yang sedang menjadi masalah Anda menjadi terhambat bahkan gagal akibat pengonsumsian daun sirsak. Jadi, apabila Anda sedang minum obat-obatan antidepresan sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

10. Menurunkan tekanan darah

Daun sirsak sangat tidak cocok atau memiliki kontraindikasi bagi Anda yang menderita hipotensi. Hal ini disebabkan efek daun sirsak bisa melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Apabila Anda yang sedang memiliki tekanan darah rendah mengonsumsi daun sirsak maka bisa membuat kondisi hipotensi Anda menjadi semakin parah. Anda bisa menjadi semakin lemas dan lesu bahkan pingsan. Oleh karena itu, pastikanlah tekanan darah Anda berada dalam kisaran normal sebelum mengonsumsi daun sirsak.

11. Meningkatkan risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia yang ada pada penderita penyakit Parkinson ternyata juga ditemukan di dalam daun sirsak. Hal ini pun bisa meningkatkan risiko penyakit Parkinson bagi Anda yang mengonsumsi daun sirsak secara berlebih dan dalam jangka panjang.

Penderita penyakit Parkinson pun juga tidak boleh satu kalipun mengonsumsi daun sirsak. Ini bisa membuat kondisi penderita penyakit Parkinson menjadi semakin memburuk. Oleh karena itu, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sirsak untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

 

Sumber:

  1. Redaksi Trubus. 2012. Daun Sirsak Vs Kanker. Depok: Trubus Swadaya.