Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComMatte, glossy merupakan dua jenis lipstik yang akrab dengan banyak kalangan wanita. Namun, yang kurang diakrabi sepertinya adalah efek samping lipstik itu sendiri. Benarkah lipstik juga memiliki efek samping yang bisa berbahaya untuk kesehatan secara keseluruhan?

Efek Samping Bahaya Penggunaan Lipstik yang Perlu Anda Tahu

Photo Credit: Flickr.com/ Maria Morri

Dari curejoy.com, diketahui bahwa lipstik mengandung logam berat seperti timbal dan cadmium. Lipstik juga mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan jantung, ginjal, otak, dan sistem saraf jika digunakan lebih dari 2-3 kali dalam sehari. Benarkah? Kita simak ulasan berikut ini!

1. Dapat mengandung timbal

Timbal yang ada dalam lipstik, akan diserap oleh tubuh Anda dan didistribusikan oleh darah pada system jaringan lunak dan tulang. Jika ini berlebihan, masalah kesehatan seperti jantung koroner, hipertensi, dan variabilitas detak jantung akan mengancam. Bukan hanya itu, kandungan timbal yang berlebihan dalam tubuh juga berpengaruh pada fungsi otak dan system saraf hingga dapat menyebabkan memori dan konsentrasi Anda terganggu.

2. Dapat mengandung kadium

Kadium, masih jenis logam berat, yang terkandung dalam lipstik dapat memengaruhi fungsi ginjal. Hal ini terjadi sebab kadium susah diserap oleh tubuh, hingga ia menumpuk di dalam ginjal. Jika berlangsung dalam waktu lama, Anda bisa mengalami gagal ginjal. Efek samping lipstik yang mengerikan ya!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Dapat mengandung pengawet

Kandungan lain yang dapat terkandung dalam lipstik yang berbahaya bagi kesehatan adalah pengawet. Jenis pengawet yang digunakan antara lain adalah paraben. Paraben sendiri, diketahui dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita. Masalah kesehatan ringan yang bisa disebabkan oleh penggunaan pengawet berlebihan pada lipstik adalah iritasi pada mata dan kulit, batuk dan gangguan pernafasan.

Namun perlu diketahui bahwa efek samping lipstik di atas tidak perlu sampai membuat Anda terlalu khawatir. Jika Anda dapat menjamin lipstik yang digunakan sudah mendapat lisensi dari balai kesehatan, semua akan cenderung aman. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih lipstik adalah pastikan ia merupakan produk berlisensi aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti di atas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi