Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Prostat pada pria bisa membengkak karena dua sebab. Pertama disebabkan oleh kanker prostat yang mematikan. Kedua disebabkan oleh faktor usia, kondisi ini sering disebut benign prostatic hyperlapsia (BPH).

Efek Pembengkakan Prostat pada Kemampuan Seksual Pria

Pria yang mengalami pembengkakan prostat jenis kedua biasanya sering mengalami gangguan berupa susah kencing. Dalam satu jam pria bisa kencing beberapa kali dan seperti tidak pernah tuntas. Selanjutnya saat kencing juga kerap ada sedikit rasa nyeri dan tidak nyaman.

Pengaruh Pembengkakan pada Kualitas Seks

Pembengkakan prostat memiliki banyak komplikasi pada penis. Kalau kondisi ini tidak segera di atasi, pria akan mendapatkan beberapa hal di bawah ini.

  • Impotensi atau disfungsi ereksi. Pria dengan gangguan prostat rentan sekali terkena gangguan ini. Beberapa pria mungkin mudah mendapatkan ereksi, tapi akan susah untuk mempertahankannya. Penis akan kembali ke kondisi lemas secara instan saat tidak mendapatkan rangsangan.
  • Ejakulasi terbaik atau retrograde. Ejakulasi harusnya dilakukan di luar penis. Namun, pria yang alami gangguan pada prostat biasa mengalami ejakulasi restrogade yang menyebabkan sperma masuk ke dalam kandung kemih. Setelah ejakulasi penis tidak akan mengeluarkan apa-apa.
  • Penurunan gairah seks. Pria yang alami gangguan prostat biasanya mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat ini menyebabkan gairah seks menurun perlahan-lahan. Selain itu, jumlah sperma yang dihasilkan juga rendah.

Cara Mengatasi dan Mengegah Gangguan Prostat

Untuk mengatasi dan mencegah pembengkakan prostat, lakukan beberapa hal di bawah ini secara teratur.

  • Menerapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari melakukan olahraga secara rutin dan mengatur pola makan. Konsumsi makanan yang baik untuk prostat.
  • Konsumsi obat yang mengatasi pembengkakan prostat.
  • Pembedahan sebelum terlambat. Pembedahan mungkin sedikit berisiko, tapi tetap harus dilakukan agar tidak menimbulkan komplikasi lain.

Demikianlah ulasan tentang pembengkakan prostat dan korelasinya dengan kehidupan seks pria. Semoga bermanfaat!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi