Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Produk-produk waterproof memang banyak menjadi produk favorit para beauty enthusiast, terutama untuk maskara. Selain menjadikan bulu mata lebih sempurna, penggunaan waterproof mascara juga membuat tampilan tersebut lebih tahan lama. Namun, penggunaan waterproof mascara menyimpan sejumlah hal yang selama ini tidak Anda ketahui seperti berikut.

Efek Pemakaian Waterproof Maskara yang Wajib Diketahui!

Photo Credit: Flickr.com/franchise opportunities

1. Menjadikan Bulu Mata Lebih Kering

Salah satu kelebihan dari waterproof mascara adalah tidak membutuhkan waktu lama untuk mengering. Kendati menjadi salah satu keunggulannya, hal tersebut rupanya juga menjadikan bulu mata kehilangan kelembapannya. Terutama jika pemakaiannya terlalu sering. Tidak heran Anda yang menggunakan waterproof mascara dalam jangka waktu lama kerap mengalami sejumlah masalah seperti bulu mata yang rontok atau rusak.

2. Memicu Garis Halus di Sekitar Mata

Dilansir dari laman All in Bloom, penggunaan waterproof mascara tentu saja membutuhkan usaha lebih untuk membersihkannya. Tidak jarang Anda akan menggosok sedikit lebih keras bulu mata demi menghilangkan sisa waterproof mascara. Namun, cara tersebut justru memicu munculnya garis halus di sekitar mata. Apalagi mengingat kulit di area mata lebih tipis dan sensitif dibanding kulit wajah di bagian lain.

3. Menyebabkan Kerontokan Bulu Mata

Formula dari waterproof mascara yang kerap meninggalkan gumpalan pada bagian akar ternyata juga dapat menyebabkan kerontokan bulu mata. Tidak hanya kandungan bahan kimianya saja, tetapi hal tersebut juga berkaitan dengan cara Anda membersihkan gumpalan tersebut sehingga membuat bulu mata terkoyak dan lebih mudah mengalami kerontokan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Penggunaan waterproof mascara memang membuat penampilan Anda semakin sempurna. Namun, tidak ada salahnya untuk mengindahkan sejumlah hal di atas. Agar tidak mengalami hal serupa, Anda dapat mengurangi intensitas penggunaan waterproof mascara dan beralih pada mascara biasa yang berbahan dasar air. Selain itu, gunakan cleansing berbahan dasar minyak yang ampuh dalam membersihkan sisa waterproof mascara hanya dalam satu kali sapu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi