Awas, Inilah Efek Samping dari Obat Pelangsing

doktersehat-kram-perut

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh yang ideal serta ramping adalah salah satu impian dan idaman bagi setiap wanita. Sebab, tubuh yang ramping dipercaya bisa menunjang penampilan agar lebih menarik. Hal itu pula yang menjadikan kebanyakan wanita rela melakukan berbagai macam cara, mulai dari menjaga pola makan, olahraga teratur, dan bahkan melakukan cara yang terbilang berbahaya seperti mengonsumsi obat pelangsing.

Padahal, obat pelangsing tersebut bisa menyebabkan efek samping yang cukup mengkhawatirkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karenanya, jika Anda ingin memiliki tubuh ramping dan ideal, ada baiknya untuk melakukan cara yang aman-aman saja, misalnya membatasi pola makan yang baik dan sehat. Selain itu, Anda pun harus rutin berolahraga agar lemak di dalam tubuh bisa terbakar secara efektif.

Sebab, jika Anda masih memaksakan diri untuk mengonsumsi obat-obatan pelangsing, ada berbagai risiko dan ancaman kesehatan yang bisa Anda temui. Penasaran apa saja masalah kesehatan yang bisa didapatkan akibat mengonsumsi obat pelangsing? Simak informasinya berikut ini.

1. Ketergantungan

Hal pertama yang perlu Anda khawatirkan ketika mengonsumsi obat pelangsing adalah ketergantungan. Dalam hal ini, tubuh Anda akan merasa ketagihan dan tidak bisa lepas dari obat itu. Biasanya, ketergantungan ini bisa dilihat ketika Anda memutuskan untuk berhenti, tapi ada reaksi yang tak wajar pada tubuh. Misalnya, ketika Anda berhenti mengonsumsi obat tersebut, tiba-tiba tubuh meriang ataupun kepala pusing. Itulah ketergantungan yang perlu diwaspadai dari sekarang.

2. Gangguan Pencernaan

Salah satu efek samping dari obat pelangsing tersebut adalah gangguan pencernaan. Sebab, secara konsep sendiri, obat pelangsing dikonsumsi untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh. Maka bisa dikatakan jika obat yang Anda konsumsi sifatnya memaksa lemak untuk keluar dari dalam tubuh secara tidak alami. Oleh karenanya, ada risiko terjadinya gangguan pencernaan akibat reaksi dari obat tersebut.

3. Alergi

Efek samping dari penggunaan obat pelangsing selanjutnya adalah alergi. Jangankan obat pelangsing, bahkan obat yang umum dan generik saja bisa menyebabkan alergi bagi tubuh. Adapun beberapa alergi tersebut bisa berupa gatal-gatal, berjerawat, bahkan bahkan flu mendadak.

4. Insomnia dan Jantung Berbedar

Pernahkah Anda merasakan jantung berdebar setelah mengonsumsi obat? Jika pernah, hal itu juga bisa ditimbulkan oleh obat pelangsing. Sudah banyak kasus terjadi, orang yang mengonsumsi obat pelangsing merasakan jantungnya berdetak kencang seperti habis olahraga. Selain itu, efek yang dihasilkan juga bisa membuat mata menjadi sulit terpejam di malam hari.