Terbit: 7 Juni 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika seseorang menderita sebuah penyakit ataupun luka yang cukup parah, maka tindakan yang akan diambil oleh dokter adalah operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat sebuah penyakit maupun upaya menyembuhkan sebuah luka yang ada pada tubuh. Sebelum operasi, biasanya aka dibius terlebih dahulu. Tujuannya, agar orang yang dioperasi tidak merasakan sakit. Selain tidak merasakan sakit, berkut adalah 4 kondisi yang terjadi pada tubuh ketika dibius total.

Inilah 4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Dibius Total

1. Anggota Tubuh tidak Bekerja

Hal ini akan umum terjadi pada saat doter menyuntikkan obat bius ke tubuh Anda. seluruh anggota tubuh tidak akan bekerja. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ketika seseorang akan dioperasi, tidak boleh mengonsumsi makanan apapun, keculai air putih. Sebab, jika makanan masuk ke dalam tubuh, dan ternyata terdapat makanan yang mengandung zat berbahaya, maka makanan tersebut akan mengalir ke saluran napas dan membahayak paru-paru.

2. Sakit Kepala, Mual, dan Menggigil

Meskipun obat bius bermanfaat untuk membuat tubuh mati rasa sehingga tidak merasakan sakit ketika dioperasi, akan tetapi juga memiliki efek samping bagi tubuh. Efek samping yang diberikan akibat penggunaan obat bius adalah sakit kepala, mual, dan menggigil. Namun, efek samping ini akan berbeda pada setiap orang. Tapi Anda tidak perlu khawatir dan takut bahwa efek samping itu akan bertahan lama, sebab rasa sakit kepala, mual, dan menggigul tersebut akan hilang dalam beberapa jam kemudian.

3. Setengah Sadar

Walaupun dokter telah menyuntikkan obat bius ke tubuh, nyatanya tidak semua orang akan kehilangan kesadaran. Pasalnya, di beberapa kejadian, orang yang sudah dibus total masih mengalami setengah sadar. Meski demikian, orang tersebut tidak dapat bergerak dan berbicara. Hal ini dikarenakan obat bius memiliki efek merelaksasi otot dan membuat otot menjadi lemah.

4. Otak dan Tubuh Tertidur

Kondisi tubuh yang terakhir ketika dibius total adalah otak dan tubuh akan tertidur. Pernapasan dan detak jantung akan menjadi lebih lambat. Ketika efek obat bius telah habis, maka Anda akan kembali sadar dan bisa menggerakkan tubuh secara perlahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi