Terbit: 18 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika sedang mencuci rambut atau keramas, Anda tentu ingin segera mengeringkannya, bukan? Sebagian besar wanita memiliki cara mereka sendiri untuk mengeringkan rambut setelah keramas, baik dengan cara mengunakan hairdryer, menggosoknya dengan rambut, bahkan mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin.

3 Dampak Buruk Mengeringkan Rambut dengan Kipas Angin

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mengeringkan rambut dengan ketiga alat tersebut tidaklah benar? Sebab, mengeringkan rambut dengan ketiga cara tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak. Terlebih lagi jika menggunakan kipas angin. Berikut adalah dampak buruk yang akan terjadi jika terus menerus mengeringkan rambut dengan menggunakan kipas angin.

1. Rambut Menjadi Kering dan Kusut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumya, bahwa mengeringkan rambut dengan cara menggunakan kipas angin dapat membuat rambut menjadi rusak. Rambut Anda akan menjadi kering dan kusut. Hal ini terjadi karena paparan angin yang terus menerus dapat membuat rambut menjadi kering secara instan, serta membuatnya menjadi rapuh. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer.

2. Rambut Menjadi Rontok

Selain dapat membuat rambut menjadi kering dan kusut, penggunaan kipas angin sebagai pengering rambut setelah keramas juga bisa membuat rambut menjadi rontok. Rambut rontok memang menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh kaum wanita. Hal ini diperparah jika Anda sering menggunakan kipas angin untuk meneringkan rambut. Alasannya, rambut yang kering dan kusut berpotensi menyebabkan rambut rontok. Bisa disimpulkan bahwa rambut kering dan kusut akibat penggunaan kipas angin berkesinambungan dengan kondisi rambut yang rapuh dan menjadi rontok.

3. Kepala Menjadi Pusing

Mengeringkan rambut menggunakan kipas angin tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan rambut saja. Pasalnya, kepala Anda juga akan menjadi pusing. Hal ini dikarenakan ketika mengeringkan rambut dengan kipas angin, pori-pori kepala akan terbuka. Sebab, kepala yang masih dalam kondisi basah dan terkena angin yang sangat kuat dari kipas angin.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi