Berapa Lama Kafein Bisa Bertahan di dalam Tubuh?

kafeina-di-dalam-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Kopi adalah salah satu minuman yang paling dikonsumsi oleh masyarakat khususnya mereka yang bekerja pagi dan butuh semangat. Dengan mengonsumsi kopi, tubuh akan dipenuhi kafein, sehingga rasa kantuk hilang dan tubuh menjadi lebih bersemangat dari biasanya. Benarkah efek kafein baik untuk tubuh?

Meski kafein memiliki efek yang baik untuk tubuh kalau dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Efek samping sering dirasakan oleh beberapa orang. Efek samping ini biasanya bertahan selama berjam-jam hingga akhirnya hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Kira-kira berapa lama kafein ini bertahan di dalam tubuh?

Durasi efek kafein pada tubuh

Durasi efek dari kafein yang buruk pada tubuh seseorang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang durasinya lama dan ada juga yang pendek. Namun, umumnya seseorang akan mengalami efek samping selama 12 sampai 24 jam. Gejala akan hilang dengan sendirinya perlahan-lahan dan tuntas selama 2-9 hari.

Kalau Anda mengonsumsi kopi secara reguler efek samping yang akan timbul mungkin lebih besar daripada mereka yang jarang mengonsumsinya. Oleh karena itu, seseorang yang sudah terlanjur mengalami ketagihan kopi harus menghentikannya perlahan-lahan agar efek kafein menghantam terlalu keras.

Tanda tubuh mengalami efek negatif kafein

Mengonsumsi kopi terlalu banyak tidak akan baik untuk tubuh. Begitu pula langsung berhenti begitu saja dengan cepat. Berikut tanda gangguan kafein pada tubuh yang sering sekali muncul.

  1. Pusing yang terlalu kuat

Saat mengonsumsi kopi pembuluh darah yang ada di tubuh khususnya yang ada di otak akan sedikit menyempit. Penyempitan ini masih normal dan tidak menyebabkan masalah apa-apa. Sayangnya, saat kopi dihentikan secara langsung, pembuluh darah akan melebar lagi dan aliran darah ke otak menjadi lebih deras dan memicu pusing yang cukup kuat.

Kondisi inilah yang membuat seseorang sering mengalami pusing kalau belum mengonsumsi kopi dalam jangka waktu tertentu. Kalau kopi terus dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ada kemungkinan gangguan pada tubuh. Kurangi kopi perlahan-lahan setiap harinya agar efek negatif lebih ringan saat muncul.

  1. Perubahan mood

Kopi menyebabkan tubuh menghasilkan beberapa hormon yang bisa memberikan rasa nyaman dan bahagia. Itulah kenapa setelah mengonsumsi kopi Anda bisa konsentrasi penuh saat bekerja atau olahraga. Kalau konsumsi kopi yang mengandung kafein dihentikan ada kemungkinan perubahan mood yang terlalu cepat.

  1. Sering merasa lelah

Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membuat Anda semangat dan memiliki energi yang besar. Manfaat ini sering digunakan oleh para atlet atau mereka yang hobi angkat beban sebagai minuman preworkout. Kalau kopi mendadak dihentikan begitu saja, energi akan anjlok cukup banyak.

Cara mengatasi gangguan akibat kafein

Kalau Anda mengalami gangguan akibat kelebihan atau kecanduan kafein, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

  • Coba konsumsi kopi dengan kandungan kafein rendah.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein lain seperti teh dan soda.
  • Selalu minum air dengan cukup setiap hari sebanyak 6-8 gelas.
  • Gunakan pereda nyeri kalau rasa pusingnya sudah tidak bisa ditahan lagi. Lakukan konsultasi ke dokter kalau Anda tidak tahu harus mengonsumsi obat jenis apa.
  • Tidur yang cukup setiap harinya minimal 6 jam.
  • Genjot energi pada tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengatur kalori yang masuk agar seimbang.

Inilah beberapa hal mengenai efek kafein yang harus kita tahu khususnya Anda yang suka sekali dengan kopi. Mengonsumsi kopi boleh saja, asal tidak berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak ada efek samping yang muncul.