Terbit: 2 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kemampuan seksual yang dimiliki oleh pasangan tidak hanya ditentukan oleh kesehatan alat vitalnya saja. Ada banyak faktor yang memengaruhi kemampuan seksual dari pasangan, salah satunya adalah apa yang mereka makan. Kalau pria tidak memperhatikan apa yang mereka makan, tubuh akan merespons dengan menurunkan kemampuan seksual.

5 Efek Konsumsi Gula Berlebihan pada Kemampuan Seks Pria

Efek Gula pada Kemampuan Seks Pria

Berdasarkan berbagai makanan yang bisa menyebabkan gangguan seksual pada pasangan, gula dan turunannya adalah yang paling berpengaruh. Makanan manis mulai dari gula meja, gula buatan, hingga karbohidrat sederhana bisa menyebabkan penurunan kualitas seksual pria. Mengapa? Coba simak beberapa ulasan di bawah ini.

  1. Level Testosteron di Tubuh Anjlok

Gairah seksual pria mengalami perubahan yang signifikan kalau sampai terjadi perubahan testosteron. Rendahnya testosteron berkorelasi dengan penurunan gairah seksual pada pria dan juga kemampuan seksualnya. Pria akan susah mendapatkan ereksi yang sempurna dan mempertahankannya.

Salah satu penyebab penurunan kadar testosteron pada pria adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Makanan manis yang dimaksud ini bisa juga berupa nasi yang merupakan karbohidrat kompleks. Dari penelitian yang dilakukan, setidaknya ada penurunan testosteron sebanyak 25% dalam 2 jam saja setelah pria mengonsumsi 75 gram gula.

Kalau level dari hormon seks yang dimiliki oleh pria itu jadi anjlok, kemungkinan besar, kemampuan seks dan reproduksi ikut mengalami gangguan. Makanan yang manis boleh saja dikonsumsi, tapi harus dibatasi setiap harinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Pria Jadi Mudah Sekali Lelah

Saat sedang puasa dan mendapatkan asupan manis ketika berbuka, Anda akan mudah sekali mengantuk. Meski perut tidak kenyang dan makan sesuatu yang berat, makanan manis bisa membuat Anda jadi mudah mengantuk dan lelah. Padahal setelah makan harusnya tubuh menjadi lebih bugar.

Ternyata masalah yang dialami oleh pria ini terletak pada banyaknya kadar gula yang masuk. Kadar gula yang masuk ini menyebabkan gangguan pada penurunan orexin. Akibat kondisi ini, pria jadi mudah mengantuk dan yang paling parah dari semuanya adalah penurunan kualitas seks.

Kondisi lelah berlebihan dan lemas ini juga terjadi pada wanita. Efeknya juga sama yaitu memicu kondisi tidak nyaman. Kalau sampai pasangan sampai mengalami hal ini bisa sangat berbahaya.

  1. Hormon Pertumbuhan Juga Ikut Turun

Saat gula darah di dalam tubuh naik, insulin juga ikut naik untuk menetralkannya. Sayangnya, produksi insulin yang cukup masif ini justru memberikan efek buruk khususnya pada pria. Efek buruk itu adalah penurunan hormon pertumbuhan atau GH yang bermanfaat untuk kemampuan seksual pada pria.

Hormon pertumbuhan atau GH berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan otot, pada pria yang ingin membentuk otot sangat bermanfaat. Selanjutnya, hormon ini juga digunakan untuk mempertahankan libido pada pria. Kalau pria sampai mengalami kondisi ini mereka akan malas melakukan seks karena merasa malas.

  1. Memicu Kegemukan atau Obesitas

Terlalu banyak gula yang masuk ke dalam tubuh sering sekali tidak disadari oleh pria. Kondisi ini membuat pria selalu surplus kalori setiap harinya. Berbagai tumpukan kalori yang masuk ke dalam tubuh akhirnya diubah menjadi lapisan lemak dan disimpan di area perut, bokong, dan kemaluan.

Pada pria, peningkatan lemak akan mengganggu mereka saat mendapatkan ereksi dengan sempurna. Seks juga sering terganggu akibat perut yang membesar. Pada wanita kondisinya hampir sama, mereka jadi malas melakukan seks karena kegemukan mematikan libido dengan cepat.

  1. Meningkatkan Rasa Cemas Hingga Stres

Mengonsumsi banyak makanan manis justru membuat Anda merasa sering lapar secara berlebihan. Kalau Anda terus makan dan susah dihentikan, kemungkinan terjadi kenaikan gula darah akan tinggi.

Kalau sudah ada pada fase ini perubahan suasana hati bisa berjalan dengan lebih cepat. Pria jadi sering tidak bernafsu untuk melakukan seks. Apalagi kalau mereka sampai mengalami obesitas dan mengalami masalah dengan body image.

Cara Membatasi Konsumsi Gula

Sebenarnya banyak pria tahu kalau konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Namun, terkadang pria sulit sekali untuk membatasi hal itu atau malah tidak tahu harus melakukan apa. Berikut beberapa tips membatasi konsumsi gula berlebihan.

  • Mengonsumsi makan yang tidak terlalu manis seperti aneka kue, sirop, atau sejenisnya. Lebih baik mengonsumsi camilan sehat seperti buah yang kadar gulanya rendah.
  • Batasi konsumsi gula harian dengan benar. Secara umum pria disarankan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 6 sendok teh setiap harinya. Kalau pria sampai melakukan itu, kemungkinan besar kalori yang masuk ke tubuh jadi berlebihan.
  • Mengecek kemasan sebelum memakan sesuatu. Misal Anda ingin makan keripik, cek berapa kandungan karbohidrat, apakah sangat tinggi atau rendah. Karbohidrat sama dengan gula.
  • Mengganti gula yang dipakai dengan gula diet yang rasa manisnya sama, tapi kalorinya sangat rendah. Batasi 2-3 bungkus gula buatan agar tidak ketagihan.
  • Saat pergi ke mana pun pastikan membawa air putih di dalam botol. Air putih itu akan membantu Anda dalam menekan konsumsi minuman ringan.

Inilah pengaruh makanan manis dan juga aneka karbohidrat sederhana pada kemampuan seks. Semoga bisa membuat kita memperhatikan apa yang dikonsumsi sehingga seks tetap aman.

 

 

Sumber:

  1. Engle, Gigi. 2016. How Sugar Is Killing Your Sex Life. https://www.thrillist.com/sex-dating/nation/sugar-health-lower-libido-sex-drive. (Diakses pada 20 September 2019).
  2. Nall, Rachel. 2019. How does diabetes affect your sex life?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317194.php. (Diakses pada 20 September 2019).
  3. Men’s Health. 2018. How sugar is wrecking your sex life. https://www.menshealth.com/uk/nutrition/a758955/how-sugar-is-wrecking-your-sex-life/. (Diakses pada 20 September 2019).
  4. Asale, Eshe. The Effects of Sugar on Male Health. https://www.livestrong.com/article/384317-the-effects-of-sugar-on-male-health/. (Diakses pada 20 September 2019).

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi