Terbit: 11 Agustus 2018 | Diperbarui: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit pada pria sering terlambat ditangani adalah susahnya dideteksi dari awal. Karena tanda beberapa penyakit hampir sama satu dengan lainnya, deteksi dini sering rancu. Akhirnya saat penyakit mulai parah, barulah efek aslinya terlihat.

Tanda dan Efek Diabetes pada Pria yang Mudah Dilihat

Salah satu penyakit yang sebenarnya cukup mudah dikenali khususnya pada pria adalah diabetes. Penyakit ini dilihat secara fisik dan perubahannya cukup banyak pada tubuh. Kalau pria lebih awas dengan kondisi fisik, tanda dan efek diabetes seperti yang tersaji di bawah ini akan terlihat dengan jelas.

Tanda dari diabetes pada pria

Secara umum tanda-tanda dari diabetes yang terjadi pada pria terdiri dari beberapa hal di bawah ini.

  • Pria akan mengalami peningkatan frekuensi berkemih, dalam satu atau dua jam sekali mereka bisa ke kamar mandi.
  • Pria akan mengalami rasa capai berlebihan padahal tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.
  • Pandangan akan sering kabur padahal sebelumnya tidak memiliki mata minus atau memiliki kebiasaan yang menyebabkan mata jadi minus seperti membaca di tempat yang gelap.
  • Penurunan berat badan berlebihan padahal tidak sedang melakukan diet. Penurunan terlihat tidak wajar selama beberapa bulan.
  • Rasa nyeri di kaki dan tangan padahal tidak terluka atau capai karena aktivitas tertentu.

Selain tanda di atas, pria juga mengalami beberapa gangguan pada fungsi seksual dan reproduksinya. Informasi lengkap terkait dengan bahasan ini bisa Anda simak pada poin efek diabetes pada pria selanjutnya.

Efek dari diabetes pada pria

Diabetes memiliki efek yang cukup signifikan pada pria sehingga cukup mengganggu kehidupan. Berikut beberapa efek dari diabetes yang terjadi pada pria selengkapnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement
  1. Disfungsi ereksi

Salah satu efek dari diabetes yang sering terjadi pada pria dan membuat kehidupannya berubah adalah disfungsi ereksi. Pria dengan gangguan diabetes akan susah sekali mendapatkan ereksi yang sempurna. Kalau pun ereksi bisa dilakukan, pria akan susah mempertahankannya.

Gangguan pada ereksi bisa muncul karena kerusakan pada pembuluh darah di penis. Saat pria terangsang, darah akan sulit sekali mengalir ke sana. Kondisi disfungsi ereksi ini akan membuat kehidupan seksual pria akan terganggu.

  1. Ejakulasi terbalik

Ejakulasi biasanya dilakukan pria dengan mengeluarkan cairan mani yang di dalamnya terdapatnya sperma. Pada pria yang mengalami diabetes, ejakulasi tidak terjadi secara normal. Ejakulasi terjadi sebaliknya, tidak keluar dari tubuh, tapi masuk lagi ke dalam tubuh tepatnya ke kandung kemih.

Pria dengan gangguan ini tidak akan bisa membuahi pasangannya karena penis tidak mengeluarkan apa-apa saat ejakulasi. Yang dikeluarkan penis hanyalah sedikit cairan. Sperma yang dikeluarkan akan tercampur dengan urine dan keluar saat pria berkemih.

  1. Infeksi saluran kemih

Pria akan mudah sekali mengalami infeksi saluran kemih yang memberikan rasa sakit dan pada penis. Kondisi ini menyebabkan pria jadi susah berhubungan badan, bahkan untuk sekadar buang air kecil saja pria akan susah melakukannya.

Pria yang alami infeksi ini disarankan untuk lebih menjaga sanitasi tubuhnya. Saat kadar gula di dalam darah tinggi, infeksi apa pun mudah terjadi.

  1. Luka susah sembuh

Jika pria memiliki luka yang cukup dalam di beberapa bagian tubuhnya, penyembuhan akan susah terjadi. Luka akan susah sekali mengering dan bahkan terus parah setiap harinya. Kalau pria sudah mengalami kondisi ini mereka disarankan untuk segera melakukan pengobatan secara intensif.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tanda dan efek diabetes pada pria yang mudah sekali dilihat. Dari tanda dan dampak d atas, kira-kira adakah yang Anda miliki? Semoga tidak, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi