5 Efek Begadang pada Wanita yang Sangat Berbahaya

doktersehat efek begadang pada wanita

DokterSehat.Com – Perhelatan Piala Dunia selalu diidentikkan dengan kegiatan para pria. Begadang, minum kopi, ngemil, hingga minum soda kerap dilakukan oleh pria. Padahal penikmat sepak bola khususnya perhelatan Piala Dunia tidak hanya pria. Wanita juga menikmati pertandingan akbar empat tahun sekali ini dan rela begadang.

Aktivitas tidur hingga tengah malam atau malah dini hari ternyata memiliki dampak yang buruk untuk wanita. Terlepas ada Piala Dunia atau tidak, sering begadang untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor bisa berdampak buruk pada kesehatan sehingga wanita harus segera menghentikan atau menguranginya.

Berikut efek sering begadang yang cukup berbahaya pada wanita.

  1. Obesitas

Saat sedang menyaksikan piala dunia, wanita akan berusaha untuk terjaga dan tidak mengantuk. Mereka akhirnya menyantap banyak camilan atau kopi agar kantuk hilang. Selanjutnya, beberapa wanita juga suka sekali minum soda yang memiliki kadar gula tinggi dan berisiko sebabkan kegemukan.

Selain makanan, ada faktor lain yang menyebabkan wanita mudah sekali mengalami obesitas saat begadang. Faktor itu adalah produksi hormon grelin. Hormon ini bekerja sebagai peningkat nafsu makan. Kalau Anda senang sekali tidur malam, kemungkinan terjadi peningkatan frekuensi makan akan cukup tinggi.

  1. Gangguan kesuburan

Gangguan kesuburan yang dialami oleh wanita terjadi karena kadar lemak yang ada di dalam tubuh meningkat. Kadar lemak ini akan mengganggu kerja hormon di dalam tubuh dan kemungkinan terjadi infertilitas semakin tinggi.

Wanita yang suka sekali begadang akan mengalami gangguan produksi sel telur. Kalau pun sel telur bisa dihasilkan setiap ovulasi kualitasnya akan rendah sehingga peluang terjadi kehamilan akan semakin rendah. Selanjutnya, begadang dengan frekuensi cukup tinggi bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu. Anda akan sering terlambat menstruasi karena ovulasi belum terjadi dan endometrium tidak terbentuk.

  1. Diabetes

Wanita yang begadang dengan kebiasaan sering ngemil makanan ringan, minum sesuatu yang manis, dan makan nasi dalam porsi banyak akan surplus karbohidrat atau gula. Kalau tubuh mengalami kelebihan kalori, lemak akan muncul dan disimpan di bagian bawah kulit. Selain itu, sering makan saat malam hari juga berpotensi sebabkan kenaikan gila darah.

Begadang juga meningkatkan insulin di dalam tubuh dalam jumlah yang besar. Saat kadar insulin naik dan gula darah tidak terkontrol kemungkinan terjadi diabetes akan tinggi. Wanita akan mudah drop dan akhirnya terjadi gangguan pada fungsi tubuh untuk menekan insulin yang terlalu berlebihan.

  1. Mudah sakit

Kurang tidur akan menyebabkan tubuh mengalami penurunan kemampuan kerja. Wanita akan mudah sekali capai meski tidak melakukan apa-apa. Selain itu, wanita juga akan mengalami penurunan konsentrasi yang cukup masif sehingga susah sekali melakukan pekerjaan hariannya.

Tubuh yang sering capai juga bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh atau imunitas. Saat wanita mengalami penurunan daya tahan tubuh mereka akan mudah sekali mengalami sakit. Kondisi ini akan berulang-ulang terjadi sehingga wanita akan mengalami penurunan kualitas kehidupan.

  1. Depresi

Meski sangat jarang terjadi, depresi juga bisa terjadi pada wanita yang suka sekali begadang. Kondisi ini bisa terjadi karena sering tidur malam membuat tubuh cepat lelah. Saat konsentrasi untuk bekerja menurun, pekerjaan tidak akan bisa diselesaikan dengan maksimal. Kondisi ini akan berbuntut pada stres yang berlebihan.

Agar depresi atau mood swing tidak terjadi, wanita disarankan untuk tidak sering-sering begadang agar kondisi fisik dan mentalnya terus terjaga. Kalau sampai ada gangguan dari fisik dan mental, wanita akan susah menjalani kehidupannya.

Demikianlah ulasan tentang efek begadang berlebihan pada wanita. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.