5 Efek Negatif Sering Begadang pada Kesehatan Seksual Pria

doktersehat gangguan seks pria

DokterSehat.Com – Apa yang ditunggu oleh banyak orang khususnya pria selama ini akhirnya berlangsung juga. Perhelatan World Cup yang diadakan 4 tahun sekali akhirnya mulai sejak awal Lebaran hingga beberapa minggu ke depan.

World Cup yang diadakan sesi ini berlangsung di Rusia. Pertandingan diadakan cukup larut malam untuk watu Indonesia. Pertandingan banyak dilakukan di tas pukul 22.00 dan akan berlanjutnya hingga beberapa sesi dan selesai pada dini hari.

Pada perhelatan ini pria akan lebih banyak begadang setiap malamnya. Mereka akan asyik menikmati setiap pertandingan yang ada hingga selesai dan mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur selama piala dunia

Normalnya kita akan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Saat puasa waktu tidur akan berkurang selama 1-2 jam sehingga kita sering mengalami lelah. Apa yang terjadi pada saat puasa berlanjut saat Lebaran karena Piala Dunia yang ditunggu-tunggu akhirnya berlangsung.

Setiap hari kita akan kehilangan waktu tidur selama 3-5 jam setiap malam. Kekurangan tidur ini akan kita tutupi pada pagi dan siang selama masih libur Lebaran. Nah, kalau liburnya sudah habis, tentu waktu tidur akan semakin menipis dan Anda sering begadang.

Bagi beberapa orang, begadang mungkin tidak akan memberikan efek secara langsung. Asal masih makan dengan sehat dan minum kopi, tubuh akan tetap sehat. Namun, begadang menurunkan vitalitas pria perlahan-lahan tanpa disadari.

Sering begadang karena melihat Piala Dunia atau karena ada lembur akan membuat Anda mengalami penurunan kualitas seksual. Tubuh tidak akan merespons seks dengan baik sehingga Anda akan jarang mendapatkan kepuasan.

Efek negatif begadang pada seks

Secara khusus begadang atau gangguan tidur lainnya akan menyebabkan banyak masalah pada kualitas seks pria. Masalah itu terdiri dari:

1. Penurunan testosteron

Tidur selama 8 jam sehari akan meningkatkan testosteron dengan baik. Kenaikan testosteron secara akan memberikan efek libido yang cukup tinggi. Kalau libido dari pria tinggi energi yang dihasilkan akan semakin besar.

Kalau pria jarang sekali tidur setiap malam karena melihat Piala Dunia atau karena aktivitas lainnya, testosteron akan menurun perlahan-lahan sehingga gairah untuk melakukan seks akan anjlok.

2. Fokus bercinta menurun

Kalau Anda sering sekali begadang, rasa pusing akan sering muncul dan kerap menyiksa. Rasa pusing ini akan mengganggu aktivitas harian termasuk saat Anda akan melakukan seks dengan pasangan.

Tubuh seharusnya beristirahat untuk memulihkan kondisi fisik dan pikiran, Kalau dua hal ini tidak segera diistirahatkan, gangguan akan sering sekali muncul. Anda akan susah melakukan seks yang hebat dengan pasangan.

3. Stamina menurun

Katakanlah gairah seksual Anda tidak menurun saat melakukan aktivitas begadang setiap malam. Namun, stamina yang Anda miliki akan menurun perlahan-lahan.

Tubuh tidak hanya membutuhkan energi dari makan saja. Namun, dari istirahat yang cukup setiap harinya.

4. Mengalami obesitas

Kurang tidur dan sering begadang akan membuat Anda jadi tidak stabil dan sering makan apa saja seperti tidak pernah kenyang. Kondisi ini akan membuat tubuh mengalami penumpukan lemak.

Selain karena makanan, obesitas juga bisa terjadi karena produksi testosteron menurun. Dua kombinasi ini akan membuat kemampuan seks pria menurun.

5. Mengalami stres

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau kondisi stres sering muncul kalau Anda sering begadang. Stres akan menurunkan libido pada tubuh dan memunculkan kecemasan. Anda akan susah sekali melakukan seks yang hebat karena penis bisa saja susah mengalami ereksi.

Menikmati Piala Dunia tidaklah salah. Namun, perhatikan jam tidur dan selalu penuhi porsinya setiap hari ya.