Terbit: 29 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Edamame dikenal luas sebagai kedelai khas Jepang. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai kedelai dengan ukuran yang lebih besar dari kedelai lokal. Hanya saja, belakangan ada anggapan yang menyebut rutin makan edamame bisa membantu mencegah datangnya penyakit jantung. Apakah anggapan ini memang benar?

Edamame Bisa Mencegah Penyakit Jantung?

Manfaat Edamame bagi Kesehatan Jantung

Sebenarnya, tidak hanya edamame, berbagai jenis kedelai bisa memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan isoflavon di dalamnya. Sebagai informasi, isoflavon adalah sejenis flavonoid yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini tentu bisa mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah membaik.

Berdasarkan 11 penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat edamame bagi kesehatan jantung, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsinya memang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan signifikan. Hanya saja, bukan berarti kita bisa sembarangan mengonsumsi edamame. Jika sampai dikonsumsi dengan berlebihan, akan membuat asupan isoflavon menjadi terlalu banyak dan dikhawatirkan bisa mengganggu tiroid atau organ reproduksi.

Selain itu, cukup banyak orang yang menyajikan atau mengolah edamame dengan garam. Jika sampai kita mengonsumsi garam terlalu banyak, tentu akan memperburuk kondisi tekanan darah. Karena alasan inilah sebaiknya kita tidak terlalu banyak memberikan garam saat mengolahnya.

Makanan Lain yang Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Selain dengan rutin makan edamame, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Buah Alpukat

Dikenal luas sebagai salah satu buah paling baik untuk program diet, dalam realitanya alpukat juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya. Kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan signifikan. Selain itu, alpukat juga tinggi kandungan kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di National Institute of Health menghasilkan fakta bahwa rutin makan satu alpukat per hari bisa menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan. Dampak ini bahkan terjadi pada mereka yang mengalami obesitas.

  1. Ikan Laut

Ikan laut dengan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon, dan lain-lain sangatlah direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi karena bisa membantu menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, kolesterol, sekaligus membuat fungsi pembuluh darah meningkat. Berbagai hal ini bisa menyehatkan jantung dengan signifikan.

Penelitian yang dilakukan di Landspitali-University Hospital and Faculty of Food Science and Nutrition menghasilkan fakta bahwa makan ikan salmon tiga kali sepekan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang sangat nikmat untuk dijadikan camilan ternyata juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang sangat tinggi. Mengonsumsinya lima kali dalam sepekan bahkan disebut-sebut mampu menurunkan risiko terkena penumpukan plak yang bisa menyebabkan hipertensi atau kolesterol tinggi hingga 32 persen.

  1. Tomat

Salah satu jenis sayuran yang paling sering kita konsumsi ini ternyata juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan likopen, sejenis antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tinggi serat dan vitamin K bisa memberikan perlindungan pada pembuluh darah arteri sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu akan membantu mencegah datangnya penyakti jantung dengan signifikan.

 

Sumber:

  1. Link, Rachael. 2018. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods. com/nutrition/heart-healthy-foods. (Diakses pada 29 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi