Terbit: 10 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sejumlah bunga memang dikenal akan beragam kandungan bahan aktif di dalamnya. Tidak heran jika sejumlah produk perawatan kulit kerap dilengkapi dengan tambahan ekstrak bunga. Sebut saja seperti air mawar yang menjadi produk andalan untuk menyegarkan kulit hingga calendula toner yang ampuh menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah jerawat atau pun penuaan.

Bunga Echinacea, Bahan Alami yang Jaga Kesehatan Kulit

Bicara soal bunga, ternyata terdapat satu jenis bunga lainnya yang juga memiliki manfaat baik untuk kulit. Ialah Echinacea yang memiliki aroma seperti madu. Berikut sejumlah manfaat bunga Echinacea untuk kulit dilansir dari laman Stylecraze.

1. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat bunga Echinacea ternyata adalah mampu mengatasi masalah jerawat. Bahkan, bunga Echinacea sudah banyak ditambahkan sebagai bahan pelengkap pada krim jerawat. Sebagai tambahan informasi, bunga Echinacea sendiri berperan dalam meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu, bunga Echinacea juga membasmi bakteri penyebab jerawat atau yang dikenal dengan P. Acnes.

2. Memudarkan Kerutan

Manfaat lain dari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bunga Echinacea adalah memudarkan keriput. Hal ini ternyata disebabkan adanya kandungan tannin pada bunga Echinacea yang mampu memudarkan garis halus penyebab keriput hingga 55%. Tidak hanya itu saja, ekstrak bunga Echinacea juga berperan sebagai astringent alami yang dapat menyegarkan kulit dan menjaga kulit tetap awet muda.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit

Anda yang memiliki masalah dengan luka terbuka atau luka bekas jerawat tidak perlu khawatir lagi. Anda dapat menyiasati hal tersebut dengan menggunakan ekstrak bunga Echinacea. Dilansir dari laman Stylecraze, bunga Echinacea mampu menstimulasi proses regenerasi sel-sel kulit yang akan mempercepat proses pembentukan dan perbaikan jaringan. Kondisi yang demikian tentu saja akan mempercepat proses penyembuhan luka.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Siapa yang akan menyangka jika bunga seperti Echinacea ini memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain dapat digunakan secara langsung, Anda juga dapat mencampurnya dengan beberapa bahan lain. Misalnya saja madu, minyak bunga chamomile atau pun minyak kelapa.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi