Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perkembangan zaman dan informasi membuat kita semakin sadar akan kesehatan tubuh kita. Berbagai cara baik dari segi klinis atau pengobatan dan pedoman kesehatan yang diteliti kian hari kian berkembang. Salah satunya adalah pedoman kesehatan untuk makanan.

Eatwell Plate, Cara Mudah Makan Sehat

Pedoman kesehatan makan cukup banyak dikembangkan. Umumnya pedoman makan yang kita kenal adalah pedoman dasar yang ditampilkan dalam bentuk bagan tertentu untuk mempermudah penjelasan pedoman makan, misalnya pedoman piramid makanan (The Food Guide Pyramid), atau yang kini diterapkan di Indonesia adalah pedoman Gizi Seimbang.

Pedoman makan tersebut kini makin dikembangkan dengan adanya pedoman Eatwell Plate. Pedoman ini adalah salah satu pedoman makan yang sudah banyak digunakan di Inggris. Pada Eatwell Plate pedoman yang ditampilkan adalah dalam bentuk piring. Pedoman tersebut menunjukkan jenis dan perbandingan makanan yang diperlukan guna menciptakan diet seimbang dalam satu piring. Sehingga kita dapat menerapkan diet seimbang dengan lebih mudah karena kita dapat menerapkannya langsung pada piring.

Menurut Katsilambors, profesor kesehatan di University of Athens Medical School di Yunani, menyebutkan bahwa Eatwell Plate dapat memperlihatkan anjuran diet yang praktis dan sehat bagi masyarakat umum.

Pada pedoman ini satu piring dibagi menjadi tiga bagian besar (seperti diagram pai). Beberapa poin yang dapat diperhatikan dalam pembagiannya adalah:

  • Pada 1/3 bagian pertama diisi dengan sumber kabohidrat
  • 1/3 bagian kedua diisi dengan buah dan sayur
  • 1/3 bagian ketiga diisi dengan 3 jenis bahan makanan dengan besar yang sama yaitu:
  • – Daging, ikan, telur dan kacang-kacangan (sumber makanan protein yang bukan susu)
    – Makanan tinggi lemak atau gula
    – Susu dan produk olahan susu

Belakangan ini, pedoman Eatwell Plate sudah dapat diterapkan dengan menggunakan jenis piring yang sudah diberi pola gambar diagram yang ada pada bagian dalam piring. Sehingga dalam piring tersebut sudah ditentukan berapa banyak porsi sumber kabohidrat, sayur buah dan protein yang harus tersaji dalam satu piring.

Eatwell plate
adalah pedoman makan yang dapat langsung diterapkan pada piring makanan kita dengan porsi dan jenis yang mudah. Eatwell plate cukup mudah kita terapkan, pedoman ini kini mulai banyak diterapkan di Indonesia dengan istilah Piring Seimbangku.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi