Terbit: 21 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah pernah dengar isitilah “Eat A Rainbow”? Ajakan ini digunakan oleh cukup banyak asosiasi kesehatan dunia yang bertujuan agar kita semakin banyak mengonsumsi buah dan sayur yang beragam jenis dan warnanya.

Eat A Rainbow, Yuk Coba Makan Pelangi!

Eat a rainbow mengajak kita untuk mengonsumsi buah dan atau sayur dengan warna yang berbeda-beda. Kita tentu tahu bahwa buah dan sayur memiliki berbagai warna. Masing-masing warna pada buah dan sayur ini memiliki manfaat dan kandungan gizi atau fitokimia yang berbeda-beda.

Organisasi kesehatan dunia, seperti UNICEF, American Heart Association dan Nutrition Australia, menggunakan istilah eat a rainbow sebagai anjuran untuk konsumsi buah dan sayur yang bervariasi.

Selain mudah diingat, isitilah eat a rainbow dirasa mampu membuat banyak orang, bahkan anak-anak, dengan mudah memahami bahwa semakin beragam warna buah dan sayur yang kita konsumsi maka semakin banyak pula manfaat yang kita dapatkan.

Beberapa manfaat dari warna buah yang diperoleh tubuh kita dari konsumsi buah dan sayur yang berwarna-warni, berdasarkan Nutrition Australia dan UNICEF adalah:

1. Merah

 

Warna merah pada tomat, ceri, stroberi, anggur merah, semangka dan apel, memiliki kandungan antioksidan dan mampu meningkatkan memori otak.

2. Ungu atau biru

 

Warna ungu di pada buah plum, bluberi, kubis merah/ungu atau terung mampu mengurangi risiko kanker, menguatkan tulang dan baik untuk pencernaan

3. Oranye atau kuning

 

Buah jeruk, melon, wortel, lemon, nanas, mangga dan aprikot baik untuk kesehatan mata, kulit dan mencegah penuaan dini

4. Hijau

 

Sayur dan buah berwarna hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, selada, timun dan kacang polong mampu meningkatkan sistem imun dan memiliki kandungan zat anti kanker.

5. Putih atau cokelat

 

Warna putih atau cokelat pada kembang kol, jamur, pisang dan kurma dapat berfungsi sebagai anti bakteri untuk tubuh dengan menghilangkan rasa lelah.

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 4-5 buah dan atau sayur dalam satu hari yang warnanya beragam agar dapat menerapkan eat a rainbow dengan baik dan mendapatkan manfaat dari buah dan sayur dengan maksimal.

Nah, bagaimana, apakah Anda tertarik menerapkan eat a rainbow?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi