Terbit: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Waktu tidur memang bisa memberikan dampak yang luar besar bagi tubuh. Hanya saja, kita masih cenderung menyepelekannya sehingga tidur dengan tidak teratur. Terkadang, kita bisa tidur dengan durasi waktu yang singkat, namun, di waktu lain kita bisa tidur sangat lama, yakni lebih dari 8 jam dalam sehari.

Penderita Hipertensi Jangan Tidur Terlalu Lama

Meski terlihat sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan, tidur terlalu lama bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika penderita hipertensi tidur lebih lama dari 8 jam, maka risiko untuk terkena stroke bisa naik hingga 2 kali lipat!

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Oluwaseun Akinseye dan rekan-rekannya dari Mount Sinai Hospital, New York. Dalam penelitian ini, data dari 24 ribu orang dewasa dengan masalah hipertensi dicek untuk mengetahui kebiasaan tidur mereka. Hasilnya adalah, mereka yang tidur lebih dari 8 jam dalam sehari memiliki risiko terkena stroke 14 persen lebih besar. Sementara itu, penderita hipertensi yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari memiliki risiko terkena stroke 11 persen lebih besar. Penderita hipertensi yang tidur dengan cukup, yakni 7 hingga 8 jam dalam sehari cenderung hanya memiliki risiko terkena stroke sebesar 5 persen saja.

Melihat adanya fakta ini, dr. Akinseye pun menyarankan penderita hipertensi untuk mengatur jam tidurnya sebaik mungkin sehingga cukup setiap malamnya. Mereka juga diminta untuk mengonsumsi garam lebih sedikit, menjaga berat badan tetap ideal, memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, menghindari alkohol, serta lebih rajin berolahraga demi mencegah datangnya stroke yang bisa sangat mematikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi