Madu dan Lemon, Solusi Berbagai Masalah Kulit Anda

Madu-lemon-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

DokterSehat.Com– Setiap jenis kulit pastinya memiliki masalah yang berbeda-beda. Namun ada beberapa masalah umum yang dialami oleh semua jenis kulit. Sebut saja kulit mengering, spot hitam hingga jerawat.

Untuk mencegah atau mengobatinya, ada beberapa cara yang dilakukan. Ajaibnya, cuma butuh dua bahan yang harganya murah lo. Ya, bahan tersebut adalah madu dan lemon. Lantas, masalah kulit apa saja yang bisa ditangani?

Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

1. Kelembapan kulit

Tak hanya kulit tipe kering saja yang memiliki masalah ini, tipe lainnya pun juga. Nah campuran antara madu dan lemon ini ternyata bisa jadi jawabannya. Caranya mudah sekali, Anda tinggal mencampurkan dua sendok perasan lemon dengan satus endok madu murni. Aplikasikan dan pijat-pijat pada wajah selama kurang lebih 30 menit sebelum tidur setiap hari. Lalu bilas dengan air hangat. Keesokannya Anda akan mendapati kulit yang lembap dan kenyal.

2. Spot hitam

Spot hitam sering kali mengganggu dan membuat wajah jadi belang. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri Anda. Untuk mengatasinya, Anda akan butuh bantuan dari oatmeal, madu dan juga air lemon. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok oatmeal yang dihaluskan, 1 sendok madu dan 2 sendok air lemon. Campur dan oles ke wajah hingga leher. Tunggu 20 menit dan bilas dengan air hangat. Rutin dua kali seminggu akan membuat hasil yang lebih baik.

3. Jerawat

Jerawat bisa dialami oleh semua jenis kulit dan bekasnya juga tak kalah menyebalkan. Tenang saja, lemon dan madu akan membantu Anda mengatasi jerawat. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan madu dan lemon lalu usapkan pada jerawat menggunakan kapas. Tunggu hingga menyerap setelah 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Keriput

Keriput biasanya timbul karena usia, tapi ada juga yang timbul karena faktor lainnya. Tak perlu perawatan mahal loh ternyata, pakai madu dan lemon juga bisa. Kali ini Anda harus mencampurkan madu murni dan lemon dan mengoleskan langsung ke area seperti jidat. Atau tambahkan satu sendok tepung beras dengan 1 sendok madu dan 2 sendok perasan air lemon menjadi masker pasta untuk hasil yang lebih baik. Tepung beras memiliki antioksidan yang bagus untuk menghidrasi kulit.

Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil!