Dorce Gamalama Menjalani Operasi Batu Ginjal

dorce-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/grid_id

DokterSehat.Com– Selebritis Dorce Gamalama memang sudah lama tidak terlihat di dunia hiburan tanah air. Ternyata, salah satu penyebab dari hal ini adalah masalah kesehatan yang dideritanya, tepatnya batu ginjal. Seperti apa kondisinya sekarang?

Prosedur operasi batu ginjal yang dilakukan oleh Dorce

Melalui sebuah wawancara, Dorce mengaku diminta oleh dokter untuk tidak boleh capek. Selain itu, ia juga mengalami masalah gula sehingga harus berhati-hati dalam menerapkan gaya hidup. Dorce juga mengaku ingin menjalani prosedur tembak yang disebut-sebut bisa mengatasi masalah batu ginjal. Hanya saja, dokter lebih menyarankan operasi untuk mengatasinya.

Dorce juga sampai mengonsumsi obat-obatan tradisional yang bisa mengurangi rasa sakit. Hal ini membuatnya kini tak lagi mengeluhkan nyeri yang biasanya terasa di pinggang dan punggung.

Mengenal prosedur tembak yang ingin dijalani Dorce

Pakar kesehatan menyebut prosedur tembak yang diinginkan oleh Dorce adalah Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy atau ESWL. Terapi ini memakai semacam peralatan yang bisa memancarkan gelombang kejut sehingga mampu memecah batu ginjal menjadi butiran yang lebih halus sehingga akan lebih mudah dikeluarkan lewat urine.

Pakar kesehatan menyebut teknik ESWL ini bisa membantu mengeluarkan batu ginjal dengan ukuran sekitar 10 milimeter. Hanya saja, jika batu ginjal yang diderita ukurannya lebih besar atau sudah mempengaruhi fungsi ginjal, sebaiknya memang harus ditangani dengan tindakan operasi.

Mengenal beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan masalah batu ginjal

Selain kebiasaan kurang minum setiap hari, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan atau minuman yang jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan datangnya masalah batu ginjal.

Berikut adalah makanan dan minuman tersebut.

  1. Minuman dengan kandungan kafein

Sebenarnya, beberapa jenis minuman berkafein seperti kopi dan teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa menyebabkan efek buruk seperti memicu batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dalam meningkatkan kadar kalsium meningkat di dalam urin. Kandungan inilah yang bisa mengendap di dalam ginjal dan akhirnya menyebabkan batu ginjal.

Selain kopi dan teh, minuman bersoda yang juga tinggi kandungan kafein harus dibatasi konsumsinya demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

  1. Makanan dan minuman dengan kandungan pemanis buatan

Pakar kesehatan menyebut makanan dan minuman dengan kandungan pemanis buatan ternyata bisa menurunkan fungsi ginjal jika dikonsumsi dengan berlebihan dalam jangka panjang. Selain itu, pemanis buatan juga telah terbukti mampu menyebabkan kenaikan berat badan dan risiko diabetes.

  1. Jus kemasan

Minuman dengan tambahan gula seperti jus kemasan dan minuman berenergi atau minuman berkarbonasi ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal dengan signifikan sehingga sebaiknya kita hindari.

  1. Beberapa jenis produk susu

Mengonsumsi susu dengan kandungan kalsium yang tinggi memang bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, namun jika konsumsinya berlebihan, bisa jadi akan menyebabkan masalah batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kelebihan kalsium yang akhirnya bisa mengendap di dalam organ ini.

  1. Ikan sarden

Meskipun rasanya enak dan cenderung mudah untuk dibuat, ikan sarden sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi karena biasanya tinggi kandungan purin. Selain bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat, purin juga bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

  1. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan protein dan purin yang sangat tinggi. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, purin jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu peningkatan risiko batu ginjal.