Donat Goreng Mi Instan, Viral! Ini Kandungan Kalori & Cara Sehat Mengonsumsinya

doktersehat-donat-goreng-mi-instan
Photo Credit: Instagram/tot.aw

DokterSehat.Com– Sudah pernahkah Anda mendengar tentang camilan yang sedang viral ini? Ya, sajian kuliner hits memang tidak ada habisnya, setelah demam es kepal melanda, kini muncul varian camilan baru dengan mengkreasikan mi instan yaitu donat goreng mi instan.

Sajian donat goreng mi instan ini mendadak viral di Indonesia, karena salah satu gerai donat di Australia menampilkan gambar kreasi donatnya dengan menggunakan salah satu jenis mi instan keluaran Indonesia.

Sontak saja kini mulai banyak bermunculan kafe atau gerai yang tertarik menawarkan dan menjual donat goreng mi instan ini. Hal ini memang wajar saja, karena mi instan sudah menjadi makanan yang digemari banyak orang di Indonesia.

Donat goreng mi instan terbuat dari mi instan beserta bumbu kemasannya yang diolah dengan tambahan adonan dan tepung roti kemudian dicetak atau dibentuk menyerupai donat yang kemudian di goreng.

Mendengarnya memang membuat banyak orang tidak tahan untuk mengonsumsinya ya, namun kira-kira apa saja sih kandungan gizi yang ada pada donat goreng mi instan dan bagaimana cara sehat mengonsumsinya?

Kandungan gizi donat goreng mi instan

Kandungan gizi utama yang ada pada donat goreng mi instan tentu tidak lepas dari kalori yang akan kita dapatkan dari satu bungkus mi instan.

Dengan mempertimbangkan kandungan gizi mi instan dan bahan tambahan pada adonan, secara umum kandungan gizi yang ada pada donat goreng mi instan adalah:

  • Kandungan kalori yang setara dengan satu kali makan utama, yaitu 530 kkal
    Satu bungkus mi instan akan memberikan 380 kkal, ditambah dengan penggunaan dua sendok makan tepung adonan, satu butir telur dan satu porsi minyak, maka total satu sajian donat goreng mi instan menjadi 530 kkal.
    Angka ini tentu cukup besar dan hampir memenuhi ¼ kebutuhan energi harian jika angka kebutuhan harian Anda adalah 2000 kkal.

  • Karbohidrat setara 2,5 centong nasi putih
    Kandungan karbohidrat yang ada pada satu saji donat goreng mi instan bisa dipilih untuk menggantikan makanan pokok karena setara dengan kandungan karbohidrat pada 2,5 centong nasi putih atau 60-65 gram karbohidrat.

  • Mengandung 2-3 porsi lemak
    Satu sajian donat goreng mi instan sudah memenuhi lebih dari separuh kebutuhan lemak harian, yaitu maksimal lima porsi dalam sehari.

  • Kandungan natrium yang cukup tinggi
    Satu porsi donat goreng mi instan akan memenuhi lebih dari 70% kebutuhan natrium harian tubuh, jika bumbu kemasan digunakan seluruhnya.

  • Vitamin dan mineral fortifikasi pada produk mi instan
    Mi instan yang digunakan sebagai bahan baku memiliki kandungan vitamin A, B kompleks dan zat besi.

Lalu, bagaimana cara sehat mengonsumsinya?

Nah, agar kita bisa tetap mengonsumsi donat goreng mi instan namun lebih sehat, beberapa tips yang bisa kita lakukan adalah:

1. Buat bumbu dari bahan alami

Membuat bumbu dari bawang, bubuk bawang putih dan lada atau bumbu alami lainnya akan menekan kandungan natrium yang tinggi pada donat goreng mi instan.

2. Panggang donat

Setelah mencetak atau membentuk donat, akan lebih sehat jika Anda mengolahnya dengan metode panggang karena akan menekan penggunaan minyak namun tetap menghasilkan tekstur yang gurih.

3. Sajikan dengan lauk dan sayuran

Cara sehat terakhir, sajikan donat goreng mi instan sebagai pengganti nasi, sesuaikan porsi donat dengan porsi nasi berdasarkan kebutuhan Anda.

Usahakan menambahkan telur atau potongan daging agar ada kandungan protein, sajikan pula dengan sayuran mix atau salad sayur dan kacang-kacangan.

Jika ingin menambahkan saus, buatlah saus atau sambal alami dari tomat dan cabai segar yang tentu bebas dari bahan pengawet ya.

Kini Anda bisa mencoba variasi camilan yang sedang viral ini dengan cara yang lebih sehat, ‘kan? Selamat mencoba!