Donald Trump Minum 12 Gelas Minuman Bersoda Tiap Hari, Apa Manfaatnya?

doktersehat-soda-kaleng-kanker

DokterSehat.Com– Sebuah fitur New York Times baru-baru ini sekitar satu hari dalam kehidupan Presiden Donald Trump, mengungkapkan bahwa Trump minum diet coke 12 gelas setiap hari. Diet coke atau minuman soda adalah minuman bagi mereka yang menginginkan minuman tanpa kalori tetapi kaya akan rasa.

Beberapa ahli kesehatan memang merekomendasikan minum diet coke. Jadi seberapa buruk kebiasaan meminum diet coke satu lusin di setiap harinya?

“Meskipun lebih baik meminum 12 gelas soda gula setiap hari, agaknya terlalu cepat untuk mengatakan bahwa kebiasaan ini baik yang sedang dilakukan Trump terhadap kesehatannya,” kata Dr. Dariush Mozaffarian, dekan Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University.

“Efek kesehatan jangka panjang dari pemanis rendah kalori atau buatan tidak begitu terkenal,” kata Mozaffarian. Tim-nya sedang melakukan eksperimen kesehatan masyarakat secara nasional di seluruh populasi.

Apa yang kita ketahui, menurut Mozaffarian, adalah bahwa hanya ada sedikit alasan untuk minum diet coke, atau minuman seperti air dan seltzer (tablet yang dilarutkan), jumlah kafein dalam 12 porsi melebihi pedoman medis untuk orang dewasa yang berpotensi menyebabkan kegugupan, insomnia, migrain, detak jantung lebih cepat dan banyak lagi.

Kekhawatiran lain dengan diet coke, yang mengandung gula buatan sangat manis, bahwa hal itu meningkatkan kadar gula di dalam tubuh Anda.

Mozaffarian mengatakan bahwa dia khawatir terhadap peminum diet coke, dimungkinkan akan menurunkan minat pada makanan manis yang sehat secara alami, karena mereka begitu gemar terhadap rasa manis dari diet coke.

Sementara penelitian tentang diet coke belum meyakinkan, sejumlah penelitian telah menunjukkan konsekuensi kesehatan potensial yang lebih serius terkait dengan minuman tersebut.

Diet coke bisa membuat Anda bertambah gemuk
Berdasarkan penelitian terhadap hewan, beberapa peneliti percaya bahwa karena diet coke memberikan rasa yang sangat manis tanpa kalori yang diperlukan untuk memuaskannya, tubuh dipicu untuk membutuhkan energi yang didapat dari gula asli, yang berpotensi menyebabkan Anda makan berlebih di kemudian hari.

Penelitian hewan lainnya telah menunjuk pada perubahan fisiologis yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, termasuk gangguan pada kadar hormon pengatur kelaparan dan bakteri usus.

Diet soda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2
Sementara penelitian belum menunjukkan bahwa minum diet coke menyebabkan diabetes tipe 2. Kebiasaan ini setidaknya terkait dengan penyakit tersebut.

Sebuah studi di tahun 2009, misalnya, menunjukkan bahwa diet Coke harian 67 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada orang yang tidak meminumnya, walaupun mungkin orang yang rentan terhadap diabetes tipe 2 lebih cenderung minum soda diet terlebih dahulu.

Diet coke mungkin berakibat buruk bagi jantung Anda
Penelitian yang sama di tahun 2009 yang menunjukkan hubungan yang kuat antara diet soda dan diabetes tipe 2 juga menemukan bahwa mereka yang secara teratur meminum minuman 34 persen, lebih mungkin mengalami sindrom metabolik daripada mereka yang abstain.

Sindrom metabolik mencakup sejumlah gejala, termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi dan kelebihan lemak perut, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Diet soda mungkin buruk bagi otak
Sebuah studi tahun ini menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu diet coke harian memiliki dua kali risiko stroke dibandingkan mereka yang tidak meminumnya. Ini juga menemukan risiko demensia dan penyakit Alzheimer yang meningkat secara signifikan untuk peminum makanan.

Penelitian tersebut secara definitif tidak membuktikan bahwa diet soda menyebabkan Alzheimer, namun yang menarik, hubungan yang sama tidak ada di antara orang-orang yang meminum minuman manis.