DIY Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

masker-lumpur-doktersehat
Source: My Organic Zone

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan kulit dari kotoran, sinar UV dan polusi merupakan suatu keharusan agar kulit tetap sehat dan segar. Untuk Anda yang berkulit kering, perlu melakukan perawatan ekstra agar kulit tetap lembap dan terlindungi. Alam sudah menyediakan beragam bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga agar kulit Anda terlindungi dari segala masalah yang menimbulkan kulit terlihat kusam, bernoda, hingga muncul garis-garis halus. Berikut ini adalah beberapa tips membuat face pack sendiri di rumah dengan beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk kulit Anda.

1. Pepaya

Pepaya adalah eksfoliator alami yang mempu menghilangkan sel-sel kulit mati. Tidak hanya itu saja, buah ini juga memiliki properti anti-aging dan mampu menyeimbangkan kelembapan kulit pada Anda dengan kulit kering. Cara membuatnya, hancurkan pepaya secukupnya hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

2. Oat dan Mentimun

Oat mampu menenangkan dan menghaluskan kulit yang kering. Sedangkan mentimun bekerja sebagai toner alami dengan sifat mendinginkan. Untuk membuat face pack, campur yogurt dan mentimun, kemudian tambahkan madu dan oat hingga menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah, kemudian bilas setelah didiamkan selama 20 menit. Campuran ini efektif mengatasi noda hitam dan bengkak pada wajah.

3. Almond dan Air Mawar

Almond memiliki vitamin alami yang membantu mencegah kulit kering. Caranya, rendam 10 biji kacang almond selama satu malam, kemudian hancurkan hingga menjadi pasta halus. Tambahkan sedikit air mawar, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat sebelum kemudian bilas dengan air.

4. Yogurt

Yogurt mampu menjaga kelembapan kulit dan mencerahkan kulit yang kusam. Selain itu, yogurt juga mampu bertindak sebagai pencerah alami. Untuk membuat masker dari yogurt, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh yogurt dengan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga kering sebelum kemudian membilasnya dengan air.

Tidak sulit bukan membuat masker dengan bahan-bahan alami di rumah? Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk menyiapkannya. Selamat mencoba!