Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut ikal, perlu siasat sendiri. Jika tidak rajin merawatnya, rambut akan kering dan lebih bermasalah. Untuk menjaga rambut ikal Anda tetap cantik terawat, lembap dan bersinar, mengapa tidak mencoba membuat sendiri kondisioner alami untuk rambut ikal dan keriting? Kami melansirkannya dari Stylecraze untuk Anda tentang hal yang satu ini. Yuk simak!

DIY Kondisioner Alami untuk Rambut Ikal dan Keriting Anda

Photo Credit: Flickr.com/Ashley

1. Greek Yogurt dan Coconut Milk (Santan)

Kondisioner pertama yang bisa dibuat sendiri untuk rambut ikal dan keriting Anda adalah campuran antara greek yogurt dan santan. Komponen dari gabungan dua bahan ini bagus untuk melembapkan dan memperbaiki rambut yang rusak. Bagus untuk jenis rambut ikal dan keriting. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok makan greek yogurt, ¼ cup santan, satu sendok makan minyak kelapa murni, dua sendok makan madu dan minyak esensial sebagai aroma. Gunakan campuran ini sebagai masker, ratakan dari akar hingga ujung rambut. Diamkan kondisioner alami ini selama 45 menit. Lalu bilas hingga bersih menggunakan shampoo.

2. Telur dan Minyak Zaitun

Kondisioner alami untuk rambut ikal dan keriting selanjutnya yang bisa Anda buat sendiri adalah campuran antara telur dan minyak zaitun. Telur sangat bagus sebagai kondisioner rambut ikal Anda karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi merangsang produksi sebum dan melembapkannya secara alami. Campurkan satu butir telur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Gunakan sebagai masker pada rambut yang kering, diamkan, kurang lebih 10 menit. Lalu, bilas hingga bersih dan bau amis hilang.

3. Kondisioner Alami dari Santan dan Madu

Campuran keduanya, berkekuatan ekstra untuk membantu merawat rambut ikal atau keriting Anda. Santan berfungsi untuk merawat dan mengembalikan keadaan semula rambut Anda yang rusak, sementara madu bertugas melembutkan dan melembapkannya. Menggunakan kondisioner alami ini, rambut ikal Anda akan halus dan berkilau. Gunakan masker ini setelah keramas ya, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Lemon Juice, Minyak Zaitun, dan Santan

Membuat kondisioner sendiri di rumah, tidak sesulit itu ternyata. Resep kondisioner terakhir yang bermanfaat bagi rambut ikal atau keriting Anda adalah campuran antara perasan jeruk lemon, minyak zaitun dan santan. Minyak zaitun dan santan, sangat baik untuk melembapkan rambut, dan lemon dapat membantu mengatur rambut Anda yang ikal dan cenderung susah untuk diatur. Campurkan dua sendok makan lemon juice dan minyak zaitun dengan satu sendok makan santan. Ratakan dari kulit kepala hingga ujung rambut dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan shampoo hingga bersih.

Kondisioner alami untuk rambut ikal dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar, memudahkan Anda untuk merawat rambut ikal. Tidak ada lagi alasan rambut susah diatur dan menyebalkan. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi