Disfungsi Plica Vocalis – Terapi

doktersehat-faringitis-tenggorokan-sakit

Pendekatan multidisiplin dengan dokter, terapis bicara serta psikiatris sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi disfungsi pita suara:

  • Terapi bicara

Salah satu andalan pengobatan untuk disfungsi pita suara adalah mengajarkan teknik vokal relaksasi dan latihan pernapasan. Prosedur ini sangat berhasil dan digunakan bersamaan dengan dukungan psikologis pada kasus yang sulit.

  • Psikoterapi

Peran psikiater adalah untuk menerapkan psikoterapi perilaku kognitif atau psikoterapi umum berdasarkan evaluasi gangguan kejiwaan. Menurut tinjauan sistematis, intervensi psikologis untuk pasien dengan VCD, teknik seperti psikoterapi, terapi perilaku, penggunaan obat anti-kecemasan, obat anti-depresan, serta hipnoterapi dalam hubungannya dengan latihan pernapasan mungkin merupakan metode pengobatan yang efektif.

Sebuah penelitian menunjukkan psikoterapi yang diarahkan ke dalam bentuk somatoform dan gangguan konversi dapat meningkatkan efektivitas penyembuhan disfungsi pita suara ketika ditambahkan metode pengobatan tradisional.

  • Terapi helium-oksigen

Terapi ini terdiri dari pemberian campuran helium-oksigen (Heliox) yang kurang padat dibandingkan udara bebas. Dengan demikian, hal ini dipercaya akan mengurangi turbulensi di jalan napas selama inspirasi. Pemberian Heliox hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi mungkin sangat membantu dalam pengobatan VCD akut.

  • Agen antikolinergik

Inhalasi ipratropium dapat membantu pengobatan pada pasien dengan VCD yang dipicu oleh olahraga.

  • Toksin botulinum

Suntikan toksin botulinum intralaryngeal mengurangi gejala dengan menghalangi pelepasan asetilkolin sehingga menciptakan kelemahan otot laring. Akhirnya, kondisi relaksasi otot laring dapat memfasilitasi aliran udara inspirasi dan ekspirasi. Meski begitu, sejumlah penelitan mengungkapkan bahwa metode ini kurang efektif.

  • Lidocaine topikal

Lidocaine topikal dapat dioleskan ke laring. Metode ini dipercaya dapat memutus siklus glottal hiperaktif dan kontraksi otot supraglottal.

Disfungsi Plica Vocalis: 1 2 3 4