Direbus Dalam Air Panas, Apel Ini Berdarah!

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial sedang viral foto apel yang terlihat berdarah. Sebenarnya, apakah ada penjelasan ilmiah untuk fenomena apel yang terlihat sangat mengerikan tersebut?

Photo Source: Waonews

Dikutip dari Waonews.com, seorang wanita yang berasal dari Xiaoshan, Zhejiang, Tiongkok, adalah yang pertama kali mengunggah foto apel yang berdarah tersebut. Dalam keterangan foto yang diunggahnya, sang wanita menyebut apel yang mengeluarkan bintik cairan seperti darah ini baru saja Ia rebus dalam air panas. Sang wanita yang keheranan pun kemudian meminta pendapat warganet untuk mengetahui apakah apel ini layak dikonsumsi atau tidak.

Sebagian warganet berkata bahwa hal ini sepertinya disebabkan oleh adanya lapisan lilin pada kulit apel. Bahkan, ada yang berkata jika hal ini terkait dengan hal mistis dan wanita ini seperti “membunuh” nyawa sang apel.

Meski terlihat mengerikan, dalam realitanya ada penjelasan ilmiah bagi fenomena apel yang berdarah ini. Jika kita cermati lebih baik, apel dengan warna kulit merah ini cenderung lebih kusam jika dibandingkan dengan warna apel segar yang belum direbus.

Menurut pakar kesehatan, hal ini terjadi karena kulit apel yang memiliki kandungan antosianin akan terdegradasi saat direbus dengan air bersuhu tinggi. Sebagai informasi, antosianin adalah pigmen alami pada apel dan memiliki fungsi seperti antioksidan yang mampu melawan paparan buruk radikal bebas. Karena alasan inilah warna kulit apel menjadi lebih kusam dan muncul bintik-bintik cairan berwarna merah kental seperti darah.

Melihat adanya fakta ini, jangan keheranan jika melihat buah apel seperti mengeluarkan darah setelah kita rebus di air panas.

Kalau Sobat Sehat lebih suka makan apel hijau atau apel merah?