Sayur dan Buah Dilarang untuk Dimakan Penderita Penyakit Ini

sayur-doktersehat
Photo Source: Flickr/avlxyz

DokterSehat.Com– Gangguan pencernaan tidak hanya menyebabkan efek seperti diare, perut kembung, atau sakit maag saja. Ada banyak sekali masalah kesehatan lainnya yang bisa muncul. Sebagai contoh, kita bisa mengalami radang usus, kondisi dimana usus mengalami luka atau peradangan yang berbahaya.

Terdapat dua jenis penyakit radang usus yang bisa menyerang kita, yakni penyakit crohn dan ulcerative colitis. Penyakit crohn menyerang bagian akhir dari usus halus dan usus besar meski dalam beberapa kasus penyakit ini juga bisa menyerang hampir semua bagian usus.

Masalahnya adalah peradangan ini bisa saja membuat usus berlubang. Salah satu gejala dari masalah kesehatan ini adalah diare parah, fistula atau terbukanya lubang lain di luar anus, serta gangguan malnutrisi. Sementara itu, penyakit ulcerative colitis bisa menyerang bagian usus besar dan menyebabkan diare berdarah.

Untuk mengatasi radang usus, dokter bisa saja meminta pasien untuk menjalani operasi. Selain itu, demi mengendalikan gejalanya, pasien juga diminta untuk menghindari beberapa jenis makanan, termasuk diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan tertentu.

Sayuran dan buah, khususnya buah berkulit dikenal luas sebagai makanan yang kaya akan serat. Meskipun serat dikenal sebagai kandungan yang baik bagi kesehatan secara keseluruhan, penderita masalah radang usus sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berserat tinggi karena bisa membuat gejalanya menjadi lebih parah. Jika ingin mengonsumsinya, akan jauh lebih baik untuk mengolahnya terlebih dahulu dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang.

Selain buah dan sayuran, makanan kaya serat lain seperti biji-bijian dan kacang-kacangan juga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering demi mencegah gejala dari peradangan usus.

Makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita radang usus adalah makanan yang bisa menyebabkan alergi. Sebagai contoh, jika pasien mengalami alergi pada kacang atau susu, maka akan jauh lebih baik bagi mereka untuk menghindarinya.

Selain itu, makanan kaya lemak termasuk mentega, margarin, dan gorengan karena bisa memicu diare parah. Makanan pedas, minuman berkafein, dan minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari oleh penderita radang usus.