Begini Fakta Kasus Orang Dikubur Bisa Hidup Lagi Setelah Tersengat Listrik

dikubur_tersengat_listrik_doktersehat_1
Photo Source: Detik

DokterSehat.Com– Beberapa hari belakangan ini media sosial dihebohkan dengan kabar bahwa ada orang yang dianggap sudah tewas karena tersengat listrik yang sengaja dikubur oleh rekan-rekannya. Secara luar biasa, pria yang diketahui bernama Susanto ini bisa hidup kembali. Video Susanto yang “bangkit dari kubur” ini pun kemudian viral dan menjadi perbincangan banyak orang.

Dalam video ini, terlihat jelas bahwa Susanto dikubur oleh seorang lelaki yang tidak memakai baju dan hanya memakai celana pendek dan rekan lainnya. Proses penguburan Susanto in terjadi di Desa Sungai Purun Kecil, Sungai Pinyuh, Mempawah, Kalimantan Barat. Memang, tubuh Susanto tidak benar-benar dikubur seluruhnya karena sebagian kepala, tepatnya wajah, masih bisa dilihat.

Kapolsek Sungai Pinyuh Komisaris Sunaryo menyebutkan bahwa saat itu kondisi Susanto masih hidup namun cukup kritis, bukannya sudah meninggal. Sebelumnya, Susanto tanpa sengaja tersengat listrik tegangan tinggi tatkala bekerja memasang kanopi di salah satu bengkel mobil. Warga pun langsung berbondong-bondong menolongnya.

Beruntung, salah seorang warga mengetahui teknik pertolongan pertama bagi korban tersengat listrik. Metode ini dilakukan dengan cara mengubur tubuh korban ke dalam lumpur. Menurut warga tersebut, hal ini bisa menghilangkan induksi listrik dalam tubuh.

Tak disangka, metode pertolongan pertama ini berhasil dan membuat Susanto siuman meskipun terlihat jelas kondisinya sangat lemah. Setelah mendapatkan metode pertolongan pertama yang oleh warga sekitar disebut dengan nama grone (ground) ini, Susanto langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Rubini, Mempawah demi mendapatkan pertolongan medis yang dibutuhkan.