Terbit: 2 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, Anda mungkin menyadari bahwa ada beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuh. Salah satunya, berat badan Anda jadi lebih mudah bertambah dan semakin sulit untuk menurunkannya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya aktivitas sehari-hari, kebiasaan makan, dan kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak. Dilansir dari WebMD, jika Anda ingin menurunkan berat badan di usia 40an, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

Diet yang Aman Untuk Usia Kepala 4

Perbanyak makan buah dan sayur
Tidak jauh berbeda dengan tips diet pada umumnya, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan di angka ideal, maka sebaiknya Anda banyak mengonsumsi buah segar dan sayuran. Buah-buahan seperti apel dan berbagai jenis beri, bisa Anda santap sebagai camilan sehat.

Sarapan sehat
Untuk menjaga stamina, jangan pernah melewatkan sarapan. Pilih sarapan sehat seperti oatmeal atau roti gandum dengan buah untuk membuat tubuh tetap kenyang hingga siang dan menghindarkan Anda dari keinginan untuk maan camilan yang memiliki kadar gula tinggi. Jika ingin menyantap camilan, pilih camilan segar seperti buah atau salad yang sehat.

Ubah menu makan malam
Saat makan malam, hindari makan besar atau makan makanan dengan kalori tinggi. Pilih makanan dengan serat tinggi untuk membuat Anda tetap kenyang dan tidak kelaparan di tengah malam.

Masak makanan dengan cara sehat
Cara memasak makanan Anda berpengaruh pada jumlah kalori pada makanan. Makanan yang digoreng deep fried dengan banyak minyak mengandung kalori lebih banyak dari makanan yang direbus, dipanggang, atau dibakar. Coba ubah metode memasak Anda untuk mendapat masakan yang lebih sehat.

Kurangi alkohol dan soda
Semakin tua, tubuh semakin mudah menyimpan lemak dan gula. Penelitian membuktikan bahwa pria usia 40an yang mengonsumsi alkohol cenderung memiliki lemak perut lebih banyak dari mereka yang tidak minum alkohol. Karena itu di usia kepala 4 ini sebaiknya Anda mengurangi konsumsi alkohol dan soda yang memiliki banyak kandungan gula.

Olahraga
Di tengah kesibukan Anda, selalu sempatkan berolahraga setiap minggunya. Selain mampu mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, jantung koroner dan tekanan darah tinggi, rajin berolahraga juga membuat peredaran darah Anda lebih lancar dan bugar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi