Terbit: 24 Februari 2019 | Diperbarui: 25 Februari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dari sekian banyak metode diet, Whole30 adalah salah satu yang layak untuk dicoba. Tidak hanya bermanfaat utnuk menurunkan berat badan, whole30 juga berperan dalam membuang racun di dalam tubuh, benarkah demikian? Lantas, apa itu diet whole 30? Bagaimana cara melakukan diet whole30? Makanan apa saja yang dikonsumsi selama menjalani diet whole 30?

Diet Whole30, Menurunkan Berat Badan Sekaligus Membuang Racun

Apa itu Diet Whole30?

Diet whole30 adalah metode diet yang pertama kali dipopulerkan oleh Dallas dan Melissa Hartwig, pasangan suami-istri yang memiliki latar nutrisi olahraga, terapi fisik, dan anatomi tubuh. Semuanya dimulai pada tahun 2009 tatkala keduanya meluncurkan sebuah situs bernama Whole9.com, yang kemudian diikuti rilis buku bertajuk “Whole30, It Starts with Food” pada tahun 2012.

Secara garis besar, diet whole30 memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, pun memperbaiki relasi seseorang dengan makanan yang ia konsumsi.  Selama 30 hari atau 1 bulan, pelaku diet whole30 diharuskan mengonsumsi sejumlah pilihan makanan. Diet whole30 makin populer pada tahun 2016, dan diklaim sudah dilakukan oleh puluhan ribu orang di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Melakukan Diet Whole30?

Sesuai dengan namanya, diet whole30 dilakukan dalam 30 hari. Selama kurun waktu tersebut, Anda dilarang untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, pun munculnya gangguan kesehatan lain di dalam tubuh. Jenis makanan yang dimaksud di antaranya:

  • Nasi
  • Oat
  • Jagung
  • Susu
  • Gula
  • Kacang-kacangan
  • Alkohol

Dibandingkan jenis diet lainnya, diet whole30 cenderung merupakan diet yang ekstrem. Maksudnya, melakukan diet ini Anda benar-benar dilarang untuk mengonsumsi makanan-makanan ‘jahat’ tersebut walaupun dalam porsi kecil, semisal pembagian 80/20, yaitu 80 persen makanan sehat, 20 persen makanan ‘jahat’ yang biasanya lebih menggugah selera.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Pada implementasinya, diet whole30 ini sebenarnya mirip dengan diet Paleo, di mana makanan yang dikonsumsi lazimnya harus rendah karbohidrat, namun tinggi protein.

Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi saat Diet Whole30

Hampir semua jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat menjalankan diet Whole30 adalah makanan favorit nan melezatkan. Ini tentu saja sedikit tidak menyenangkan bagi Anda. Namun jangan khawatir, menu diet whole30 masih menyisakan sejumlah makanan lezat dan menyehatkan. Berikut ini daftar makanan yang boleh dikonsumsi saat menerapkan diet Whole30, sebagaimana dilansir dari The Kitchnn.

1. Sayuran

Sayuran adalah jenis makanan yang harus Anda konsumsi secara rutin selama menerapkan diet whole30. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam segala jenis sayuran efektif untuk memperlancar metabolisme tubuh, pun membuang racun yang ada di dalam tubuh.

2. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan saat sedang menjalani diet whole 30 dieperbolehkan, malah disarankan karena buah banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi metabolisme tubuh. Kendati demikian, konsumsi buah-buahan juga tidak bisa sembarangan. Ini karena buah mengandung gula, yang mana gula menjadi bahan makanan terlarang selama diet whole30 diterapkan.

Makanlah buah dalam porsi yang wajar, atau hindari buah-buahan yang mengandung gula terlalu banyak.

3. Daging Segar

Siapa yang tidak suka makan daging? Nah, berbahagialah Anda yang tengah menjalani program diet whole30 karena diet ini masih memperbolehkan pelakunya untuk mengonsumsi daging. Tapi harus daging segar, ya alih-alih memakan daging olahan. Ini karena daging olahan telah dicampur oleh gula dan bahan kimia lainnya yang berpotensi menggagalkan pembakaran lemak.

4. Makanan Laut

Anda yang penggemar makanan laut juga tidak perlu cemas harus sejenak meninggalkan makanan favorit selama menjalani diet whole30. Nyatanya, diet whole30 masih memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi seafood semisal ikan dan kerang.

5. Telur

Diet whole30 menyarankan Anda untuk menjadikan telur ayam sebagai menu sarapan. Kandungan protein pada telur sejalan dengan visi diet whole30 yang mengharuskan Anda mengonsumsi makanan tinggi protein.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga baik untuk percepatan metabolisme tubuh. Alih-alih menggunakan minyak konvensional, Anda yang kini tengah menjalani diet whole30 bisa menggantinya dengan minyak zaitun untuk keperluan memasak. Atau, Anda bisa meminumnya dengan dicampur air hangat setiap pagi.

7. Kopi

Tentu saja mengonsumsi kopi saat menjalani diet whole30 diperbolehkan. Dengan catatan, dilarang untuk memasukkan bahan campuran seperti gula krimer, atau susu.

Rekomendasi Menu Makanan untuk Diet Whole30

Guna mendapatkan hasil maksimal, berikut ini rekomendasi menu makanan untuk Anda yang tengah atau tertarik menerapkan diet whole30:

1. Sarapan

  • Telur
  • Sayur panggang
  • Kopi tanpa gula dan susu

2. Makan Siang

  • Salad
  • Steak
  • Ikan bakar
  • Air kelapa

3. Makan Malam

  • Ayam panggang
  • Tumis sayur
  • Salad

Manfaat Diet Whole30 selain Menurunkan Berat Badan

Selain menurunkan berat badan, diet whole30 diklaim memiliki sejumlah manfaat besasr lainnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat diet whole 30 selain menurunkan berat badan di antaranya:

  • Memperbaiki komposisi tubuh
  • Menambah energi
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh

Bahaya Diet Whole30 Bagi Kesehatan

Kendati diet whole30 memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, tidak serta merta membebaskan diet ini dari efek samping yang kurang baik.

Dr. Alessio Fasano, kepala Center for Celiac Reasearch and Treatment di Massachusetts General Hospital mengatakan jika diet whole 30 memang bermanfaat, namun hanya bagi sebagian orang. Sementara untuk sebagian orang lainnya, melakukan diet whole30 justru berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan.

Bahaya diet whole30 ini tidak lepas dari metode diet whole30 yang benar-benar melarang pelakunya untuk mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, padahal zat tersebut penting bagi sebagian orang. Akibatnya, pelaku diet whole30 bisa saja mengalami sejumlah penyakit seperti malanutrisi, konstipasi, hingga perdarahan internal.

Itu dia informasi mengenai diet whole30. Sebelum melakukan metode diet yang satu ini, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, apakah kondisi fisik Anda saat ini memungkinkan untuk menerapkan diet whole30 atau tidak. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi