Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda tertarik membaca judul diet VB6? Seperti yang sudah disebutkan diet VB6 atau Vegan Before 6 ini menganjurkan penerapan vegetarian hanya sampai pukul 6 malam. Cukup menarik, ya? Kira-kira bagaimana penerapannya dan apa saja manfaatnya untuk tubuh?

Diet VB6, Jadi Vegetarian Hingga Jam 6 Malam

Diet VB6 ini digagas oleh Mark Bittman, seorang pemasak, penulis dan pengamat makanan selama lebih dari 25 tahun. Diet VB6 ini diterapkan dari pengalamannya sendiri dimana ia sangat ingin memperoleh pola makan sehat namun tanpa perlu menghilangkan asupan makanan hewani.

Prinsip diet VB6

Penerapan diet VB6 akan membuat kita menjadi seorang vegetarian secara part-time. Hal ini akan membuat hampir 75% makanan yang kita konsumsi dalam satu hari adalah sayur, buah atau whole grain. Makanan tersebut akan kita konsumsi mulai awal hari hingga menjelang waktu makan malam.

Saat memasuki waktu makan malam, kita boleh mengonsumsi makanan hewani segar, bukan daging yang diproses misalnya sosis atau kornet, refined grain, misalnya roti putih, serta keju, susu atau telur.

Camilan yang dianjurkan dalam diet ini tentu saja buah-buahan, sayur atau kacang-kacangan. Bittman tidak menganjurkan camilan yang diproses misalnya keripik atau kentang goreng. Selain itu konsumsi makanan manis juga tidak dianjurkan sebelum pukul 6 malam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Manfaat diet VB6

Pakar kesehatan dan dietitian dari Web MD, Maryann Jacobsen menyebutkan bahwa diet VB6 memiliki fokus yang sangat baik untuk kesehatan dan berat badan tubuh.

Diet yang mengutamakan konsumsi plant based food, misalnya diet vegan yang ketat, mampu mendukung kondisi kesehatan dengan menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Namun jika hanya diet vegetarian yang diterapkan maka tubuh akan rentan mengalami kekurangan beberapa jenis zat gizi yang hanya bisa diperoleh dari bahan makanan hewani, misalnya vitamin B12.

Maka dari itu diet VB6 bisa menjadi diet sehat dengan penerapan pola makan yang seimbang.

Namun, Jacobsen menambahkan, kunci keberhasilan diet VB6 terletak pada pemilihan makanan yang tepat saat di atas jam 6 malam. Jika konsumsi makanan hewani atau gula pada jam tersebut terlalu banyak, maka penerapan diet vegetarian sepanjang hari bisa jadi sia-sia manfaatnya.

Jadi, selalu atur porsi makan sesuai kebutuhan, meskipun bebas mengonsumsi apapun di atas jam 6 malam, namun tetap jangan berlebihan.

Bagaimana, Anda tertarik mencoba diet VB6?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi