Diet untuk Anak Apakah Aman?

penis-anak-kecil-doktersehat

DokterSehat.Com– Anak-anak memerlukan asupan gizi yang cukup dan harus diperhatikan karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Namun, kelebihan berat badan bagi anak juga dianggap kurang baik untuk masa pertumbuhan dan kesehatan mereka. Jika anak mengalami kelebihan berat badan bisa dilakukan dengan cara diet sehat untuk anak. Namun, untuk melakukan diet pada anak banyak hal yang harus diperhatikan oleh orangtua.

Amankah diet pada anak ?

Diet bagi anak-anak dan orang dewasa sangatlah berbeda, oleh karena itu selama orang tua bisa memberikan asupan yang benar dan cukup ketika anak dalam program diet, maka diet pada anak dikatakan aman. Diet pada anak tidak bisa dipaksakan dengan takaran waktu yang sangat singkat harus dilakukan dengan waktu yang perlahan. Selain itu, tidak boleh membatasi asupan gizi dengan mengurangi porsi makan anak tanpa memperhatikan gizi yang diperlukan. Diet pada anak adalah menerapkan pola makan sehat dengan asupan gizi yang cukup dan diimbangi oleh olahraga yang teratur.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan program diet pada anak dengan benar.

1. Perhatikan Menu Makanan untuk Diet Seimbang

Menu seimbang yang harus diberikan seperti: sayuran, buah-buahan, susu, daging, ikan, kacang-kacangan, sumber protein, mineral dan karbohidrat yang cukup. Protein, mineral, dan karbohidrat bagi anak sangat dibutuhkan karena memiliki fungsi sebagai membangung sel serta kebutuhan serat pada anak.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Berolahraga

Tidak hanya asupan gizi yang harus diperhatikan, pola hidup yang sehat juga harus diperhatikan untuk menunjang program diet bagi anak, olahraga sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak anak. Membakar kalori saat berolahraga cukup membantu dalam proses diet pada anak dan banyak kegiatan berolahraga yang disukai oleh anak – anak seperti berenang, bermain bulu tangkis, dan olahraga ringan lainnya.

3. Mengubah Kebiasaan Buruk pada Anak

Adapun beberapa kebiasaan buruk yang harus dikurangi, seperti mengurangi konsumsi gula yang berlebih pada anak, menghindarkan anak dari minuman yang bersoda, mengajarkan anak untuk tidak makan makanan cepat saji atau junkfood, serta mengurangi konsumsi penyedap makanan seperti MSG yang berlebihan