Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha dan perjuangan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ramping dan ideal. Maka dari itu, banyak orang khususnya wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, seperti olahraga, diet, hingga mengonsumsi obat-obatan penurun berat badan.

Diet Ular, Metode Mengusir Lemak yang Anti Mainstream

Tapi salah satu cara menurunkan berat badan yang paling digemari oleh kebanyakan wanita adalah diet. Ya, diet adalah sebuah program mengatur pola makan dengan tujuan mengurangi jumlah lemak di dalam tubuh. Diet sendiri begitu populer sehingga tak heran jika begitu banyak jenis diet bermunculan belakangan ini. Salah satunya adalah diet ular.

Tahukah Anda apa itu diet ular?

Mungkin terdengar menakutkan, sebab menggunakan nama hewan yang cukup buas. Tapi, Anda tidak perlu khawatir sebab diet ular ini sama sekali tidak menggunakan ular sebagai metodenya. Hal tersebut hanya simbolik saja sesuai dengan metode atau pola makan yang diterapkan.

Jadi, diet ular adalah sebuah jenis diet yang menerapkan pola makan satu hari sekali. Dilansir dari laman FoodNDTV, diet ular diklaim dan diyakini bisa menurunkan berat badan secara cepat serta meningkatkan kekuatan tubuh seseorang. Jenis diet ini mengadopsi pola makan ular yang sekali makan dalam jumlah banyak dan tidak makan lagi sampai benar-benar lapar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Dikatakan jika diet ular merupakan cara yang lebih efektif daripada mengurangi porsi makan. Sebab, dengan memberikan jeda waktu istirahat bagi organ di dalam tubuh akan memberikan efek baik. Misalnya mengatur ulang sistem tubuh ataupun memberikan kekuatan karena tidak menggunakannya secara terus-menerus.

Jika diteliti dengan lebih detail, diet ular ini hampir sama seperti orang yang sedang berpuasa, yaitu mengistirahatkan organ di dalam perut dalam waktu yang lama. Seperti diketahui, puasa memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan, seperti meningkatkan kebugaran, memberikan kesehatan, serta mengurangi berat badan.

Selain itu, diet ular juga bisa merubah kebiasaan seseorang dalam urusan makan. Misalnya, seseorang memiliki kebiasaan makan junkfood di siang hari, maka dengan rutin melakukan diet ular kebiasaan tersebut akan hilang. Dan tentunya kebiasaan serta pola makan Anda akan kembali normal dan sehat.

Karena jenis diet ini hanya memperbolehkan makan sekali dalam sehari, disarankan saat makan Anda melengkapi seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Misalnya mengonsumsi ikan, sayuran, buah, atau biji-bijian dalam sekali makan.

Nah, itulah diet ular yang baru-baru ini sedang menjadi viral di media sosial. Bagaimana? Anda ingin mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi