Diet Tidak Sehat, Remaja Ibukota Terkena Osteoporosis

meningkatkan-kesehatan-tulang-doktersehat

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh dengan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal? Banyak orang yang bahkan sampai rela melakukan diet ketat demi mendapatkannya. Memang, tubuh bisa mengalami penurunan berat badan dengan signifikan, sayangnya melakukan diet ketat yang tidak sehat juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan dr. Ade Jeanne Domina Tobing, SpKO yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa ia pernah menemukan pasien berusia remaja yang menjalani diet ketat namun berarkhir dengan masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Pasien tersebut berusia 18 dan 20 tahun dari Jakarta. Mereka memilih untuk tidak makan dalam waktu yang lama dan rela kelaparan demi menurunkan berat badan. Memang, hal ini membuat diet mereka berhasil, namun pada akhirnya menurunkan kadar hormon estrogen di dalam tubuhnya dengan drastis.

“Saat berkunjung ke tempat praktik saya, kadar hormon estrogen pada pasien ini bahkan sudah hampir 0. Tubuhnya pun sudah sangat lemas, mengalami jantung berdebar-debar, dan mengeluarkan banyak keringat. Setelah saya cek lebih dalam, ternyata keduanya juga sudah mengalami osteoporosis. Keduanya harus mendapatkan penanganan khusus dari bidan demi membuat hormon estrogen di dalam tubuhnya kembali normal” ungkap dr. Ade.

Setelah enam bulan menjalani penanganan medis yang direkomendasikan oleh bidan, kedua pasien ini kemudian memiliki kadar hormon esterogen yang seimbang. Setelah sempat tidak bisa mengalami datang bulan, pasien ini juga kembali mendapatkannya secara normal. Kondisi kesehatan para pasien ini mulai membaik dan berat badannya yang sempat sangat rendah juga dikembalikan ke angka yang normal.

“Saya sarankan untuk tidak mudah percaya dengan tips-tips diet yang belum bisa dipertanggungjawabkan keamanannya. Jangan diet hanya demi menurunkan berat badan atau ingin kurus saja. Jika sampai kekurangan nutrisi, tak hanya tubuh yang semakin kurus, kita justru bisa terkena penyakit berbahaya, termasuk osteoporosis,” lanjut dr. Ade.

Memiliki berat badan yang ideal memang baik bagi kesehatan, namun pastikan untuk tidak melakukan diet dengan cara yang sembarangan demi mendapatkannya.