Penyebab Umum Mengapa Diet yang Dilakukan Bisa Gagal

doktersehat-hubungan-diet-dan-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Public Domain Pictures

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk mengurangi berat badan dan membentuk tubuh menjadi ideal adalah dengan cara diet. Ada berbagai macam diet ketat yang bisa dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, tidak sedikit jenis diet yang menjanjikan hasil luar biasa.

Walaupun hasil yang dijanjikan menggiurkan, nyatanya diet ketat bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, juga bisa memicu kenaikan berat badan lebih cepat jika berhenti diet.

Terkadang, ada banyak orang yang salah dalam menerapkan diet sehingga membuat berat badan semakin bertambah. Alih-alih bisa mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, tapi malah justru membuat tubuh semakin gemuk. Hal tersebut ternyata ada penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab diet Anda bisa gagal, diantaranya:

1. Salah Membagi Waktu

Yang dimaksud dengan salah membagi waktu di sini adalah Anda menggunakan waktu lebih banyak untuk berolahraga dibanding dengan melakukan hal lainnya. Walaupun olahraga sangat membantu dalam proses penurunan berat badan Anda, tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak waktu dan energi untuk melakukannya. Masih ada hal lain yg harus Anda lakukan. Seorang dokter menyatakan bahwa pembagian waktu yang benar adalah 80% untuk asupan makanan dan 20% untuk berolahraga.

2. Melewatkan Sarapan

Bagi para pelaku diet, sarapan merupakan jam makan yang paling pantang untuk dilakukan. Sebab, mereka menganggap bahwa sarapan dapat merusak program diet mereka. Padahal, sarapan memiliki peranan yang penting, yakni untuk mengendalikan keinginan untuk makan dalam porsi besar saat siang hari. Selain itu, sarapan juga bisa memberikan Anda energi cukup yang bisa digunakan untu beraktivitas sepanjang hari.

3. Lebih Banyak Ngemil

Jika Anda berpikir lebih baik ngemil dibanding makan besar seperti makan nasi saat sedang diet, maka Anda salah. Walaupun cemilan atau makanan ringan yang Anda konsumsi termasuk sehat, akan tetapi bisa juga menimbulkan kenaikan berat badan. Sebab, Anda akan menghabiskan banyak makanan ringan. Oleh sebab itu, sebaiknya makan naso namun teratur dibandingkan mengonsumsi cemilan dalam jumlah yang banyak.