Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet adalah salah satu metode menurunkan berat badan yang menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang, terutama wanita. Hal tersebut dikarenakan diet telah terbukti bisa mewujudkan impian wanita untuk memiliki berat badan ideal. Selain itu, diet pun terbilang cukup mudah dilakukan, yakni hanya membatasi pola makan secara baik dan sehat.

4 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang Masa

Tidak hanya mendapatkan berat badan impian saja, diet juga bisa memberikan kesehatan serta kebugaran jika dilakukan dengan benar. Pasalnya, saat melakukan diet, tubuh kita akan membuang segala macam kotoran serta racun penyebab datangnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu, tak heran jika diet menjadi sangat populer.

Dengan kepopulerannya tersebut, muncul pula berbagai macam jenis diet sampai saat ini. Namun, dari begitu banyaknya jenis diet, tidak semuanya digemari karena berbagai macam alasan. Dilansir dari laman MedicalNewsToday, berikut adalah jenis diet terpopuler sepanjang masa:

1. Diet Mediterania

Jenis diet yang satu ini menganjurkan setiap pelakunya untuk mengonsumsi makanan nabati serta buah-buahan saja, tanpa nasi. Diet mediterania sendiri sangat populer di kalangan orang Yunani dan Italia Selatan sejak awal kemunculannya. Hal tersebut dikarenakan diet mediterania dianggap bisa mengusir lemak serta penyakit berbahaya di dalam tubuh.

2. Diet Vegan

Diet vegan tidak hanya populer di wilayah Eropa saja, tapi juga di Asia, termasuk Indonesia. Diet yang satu ini menerapkan pola makan yang hanya mengonsumsi sayuran saja, tanpa bahan hewani atau yang berasal dari hewan, seperti daging, telur, maupun susu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Diet Ketogenik

Diet ketogenik dilakukan dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Biasanya, diet ketogenik juga menambahkan asupan lemak baik yang digunakan sebagai pengganti energi karena karbohidrat telah berkurang. Adapun lemak baik tersebut bisa didapatkan dari makanan seperti apokat, kelapa, kacang, biji-bijian, dan sebagainya.

4. Diet Atkins

Diet atkins merupakan metode penurunan berat badan yang menekankan pada jumlah protein dan nutrisi yang dikonsumsi. Diet yang satu ini sangat banyak digunakan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

Bahkan, pada pencarian laman Google, diet atkins memiliki traffic yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis diet lainnya. Walaupun sangat populer, diet atkins tidak bisa sembarangan dilakukan, perlu pengawasan serta arahan dari dokter terlebih dahulu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi