Menerapkan diet sehat adalah salah satu langkah untuk menciptakan pola hidup sehat, bukan sekadar menurunkan berat badan. Pola makan dengan gizi seimbang dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan. Simak berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang diet atau pola makan sehat!

diet-sehat-doktersehat

Apa Itu Diet Sehat?

Diet sering kali diartikan sebagai proses untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, diet juga memiliki arti yang lebih luas, yaitu semua jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Diet sehat adalah diet dengan nutrisi yang seimbang. Secara umum tubuh membutuhkan dua jenis nutrisi, yaitu:

  • Makronutrien (karbohidrat, protein, lemak)
  • Mikronutrien (vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya)

Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar, sedangkan mikronutrien merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih kecil. Meskipun begitu, kebutuhan keduanya perlu diperhatikan untuk menciptakan pola makan yang sehat.

Manfaat Diet Sehat

Apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kesehatan Anda. Dapat dikatakan bahwa pola makan sehat merupakan salah satu kunci dari hidup yang sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat dietyang bisa Anda dapatkan:

1. Fisik yang Lebih Kuat

Pola makan membuat Anda memiliki fisik yang lebih kuat. Asupan makanan dengan gizi seimbang membuat Anda memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan nutrisi untuk setiap organ tubuh juga terpenuhi, sehingga setiap bagian tubuh dapat bekerja maksimal sesuai dengan fungsinya.

2. Menjaga Berat Tubuh Ideal

Salah satu tujuan diet untuk menurunkan berat badan adalah benar adanya, tapi yang lebih penting adalah pola makan sehat dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Berat ideal membuat Anda lebih sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu berbagai macam penyakit kronis, sedangkan berat tubuh di bawah berat ideal dapat membuat sistem imun tubuh lemah.

3. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit

Menerapkan diet sehat akan menurunkan risiko berbagai penyakit:

  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Diabetes
  • Kanker
  • Osteoporosis
  • Penyakit lain yang terkait dengan gaya hidup

4. Mencegah Stres

Pola makan memengaruhi suasana hati Anda dan diet sehat dapat membantu mencegah stres.

Kekurangan atau kelebihan nutrisi dapat membuat mood seseorang menurun. Contohnya, kekurangan kalsium yang dapat memicu kecemasan, depresi, dan gangguan tidur atau konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan gejala depresi dan kelelahan.

Hal ini membuktikan bahwa konsumsi makanan dengan gizi yang tepat berpengaruh bagi kesehatan fisik maupun mental.

5. Mengajarkan Hidup Sehat untuk Generasi Selanjutnya

Pola hidup sehat dipelajari dari lingkungan paling kecil, yaitu keluarga. Jika membiasakan pola makan sehat, maka generasi selanjutnya juga akan terbiasa dengan pola hidup tersebut dan akan lebih mudah untuk melanjutkannya.

Cara Diet Sehat

Menerapkan cara diet sehat bukan hal yang sulit untuk dilakukan, setiap orang tentu dapat menerapkannya.

Berikut adalah beberapa kunci diet sehat menurut WHO (World Health Organization):

  • Pemberian ASI pada bayi. ASI eksklusif hingga bayi usia 6 bulan adalah bentuk penerapan pola makan sehat sejak dini, pemberian ASI dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah dapat memenuhi nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, protein nabati, hingga antioksidan.
  • Konsumsi lebih sedikit lemak. Asupan lemak sebaiknya tidak berlebihan, pilih jenis lemak yang sehat dan hindari lemak jenuh dan lemak trans.
  • Batasi asupan gula. Dalam pola makan sehat, gula mewakili kurang dari 10% total asupan energi, Anda akan mendapat manfaat kesehatan tambahan jika mengonsumsinya di bawah 5%.
  • Mengurangi asupan garam. Jaga asupan garam Anda maksimal 5 gram per hari untuk menurunkan risiko berbagai penyakit.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan diet atau pola makan sehat. Anda dapat menciptakan berbagai menu diet sehat dengan mengombinasikan makanan pokok, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber makanan hewani.

 

Sumber:

  1. Anonim. Healthy diet. https://www.who.int/behealthy/healthy-diet. (Diakses 13 Januari 2019).
  2. Crichton-Stuart, Cathleen. What are the benefits of eating healthy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322268.php. (Diakses 13 Januari 2019).
  3. Robinson, Lawrence dkk. 2019. Healthy Eating. https://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/healthy-eating.htm. (Diakses 13 Januari 2019).