10 Buah yang Bagus untuk Program Diet Sehat Alami

cara-diet-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat ini banyak program diet yang menawarkan hasil tubuh langsing dengan cepat. Perlu diingat bahwa Anda harus hati-hati dalam memilih program diet yang tepat. Pasalnya, impian tubuh langsing dan sehat bisa hilang karena tidak menerapkan cara diet sehat.

Dalam memilih program diet sehat, membatasi konsumsi satu kelompok makanan tertentu seperti hanya mengonsumsi buah dan sayur saja juga tidak cukup. Pasalnya, tubuh akan kekurangan zat lainnya yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, dan lainnya. Oleh karena itu, diet dengan buah-buahan juga harus diimbangi asupan nutrisi lainnya.

Cara Diet Sehat dengan Buah

Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar. Program ini jauh lebih baik karena dari sayuran dan buah segar banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet.

Sisi positifnya, mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi dapat membantu kita terhindar dari serangan jantung dan kanker.

baca juga: 5 kunci diet sehat

10 Buah-buahan untuk Diet Sehat Alami

Cara diet sehat alami yang paling paling dianjurkan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Begitu banyaknya buah, nyatanya tidak semuanya bagus untuk program diet sehat. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi tepat dan dibutuhkan tubuh selama sedang diet.

Ketika Anda sedang melakukan diet sehat dan cepat, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini:

1. Apel

Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat). Selai itu, apel juga mengandung flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan antikanker.

Kandungan quercetin di dalamnya juga berfungsi sebagai bahan antiradang, sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Bagaimana dengan kandungan gizi apel? Buah untuk cara diet sehat ini ternyata mengandung vitamin C, tapi tidak sebanyak buah jeruk.

2. Stroberi

Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian, ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.

Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C yang juga sangat cocok untuk program diet sehat.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan.

Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buahan lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium.

Adanya kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang membuat buah yang satu ini dapat menekan nafsu makan. Oleh karena itu, buah pisang sangat cocok untuk cara diet sehat. Anda bisa menjadikan makanan pengganjal di jam-jam ngemil.

4. Melon

Buah selanjutnya yang bagus untuk diet sehat alami adalah melon. Buah melon mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker.

Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C. Adanya kandungan gula alami di dalam buah melon mampu memberikan energi pada tubuh ketika mulai lapar. Jadi, buah melon sangat cocok untuk dijadikan camilan sore ketika sedang program diet sehat.

5. Jeruk

Buah jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C, dan folate.

Diet jeruk yang bisa Anda pilih adalah jeruk lemon atau jeruk nipis. Ini bisa tergolong ke dalam bentuk diet sehat dan cepat karena Anda hanya perlu meminum perasan jeruk setiap pagi yang dicampur dengan air hangat.

baca juga: diet sehat dan menyenangkan dengan camilan sehat

6. Mangga

Cara diet sehat selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi mangga. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytoxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk.

Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C. Diet buah mangga pun menjadi salah satu pilihan tepat karena mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat tinggi.

7. Kiwi

Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa.

Percaya atau tidak, mengonsumsi satu buah kiwi di pagi hari akan mampu menunda rasa lapar. Kandungan serat dan vitamin E yang jauh lebih banyak dari pisang pun membuat kiwi menjadi buah yang sangat baik untuk diet sehat dan cepat.

8. Plum

Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker. Penelitian menujukkan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan risiko kanker usus. Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.

Jika memilih buah plum, Anda bisa memakannya secara langsung, mengolahnya menjadi jus, dikeringkan, atau dibuat menyerupai pasta.

9. Anggur

Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Sebagai informasi, pilihlah anggur merah untuk melancarkan program diet Anda.

Banyaknya kandungan vitamin C dan vitamin E yang berguna sebagai sumber energi pada tubuh, sehingga Anda tidak akan lemas jika banyak mengonsumsi buah anggur saat diet sehat.

10. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing.

Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi. Buah yang satu ini mampu memperlancar pencernaan, sehingga kotoran dan leka yang ada di dalam tubuh bisa hilang seketika.

Kesalahan Saat Melakukan Program Diet Sehat

Cara diet sehat memang memiliki aturan tersendiri. Diet sehat alami memang bisa dilakukan oleh siapa saja, namun tentunya perlu juga mengikuti program diet sehat agar hasilnya benar-benar terasa. Saking ingin diet sehat dan cepat langsing, banyak yang melanggar aturan.

Berikut ini kesalahan yang dilakukan saat menjalankan program diet sehat:

  1. Tidak sarapan

Sarapan dengan memilih makanan tepat di pagi hari sangat penting bagi tubuh untuk menyuplai energi yang diperlukan untuk menghadapi rutinitas harian. Sayangnya,banyak pelaku diet yang melewatkan sarapan untuk mengurangi asupan makanan.

  1. Berlebihan makan makanan bebas lemak

Sebenarnya, makanan bebas lemak tidak berarti makanan itu mengandung kalori rendah. Faktanya, ada saja makanan bebas lemak yang berkalori tinggi. Oleh karena itu, lebih baik diseimbangkan.

baca juga: 3 kesalahan yang sering dilakukan saat program diet sehat

  1. Mengonsumsi salad

Salad mengandung kalori yang tinggi seperti halnya hamburger, apalagi bila sayuran itu ditutupi dengan keju, roti kering, dan kuah berlemak tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya mengonsumsi salad secukupnya saat sedang program diet sehat.

  1. Memilih jus dibanding buah utuh

Mengonsumsi buah-buahan segar jauh lebih baik karena banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet. Ini akan membuat nutrisi bisa diserap maksimal oleh tubuh.

  1. Membatasi konsumsi kalori

Rata-rata, tubuh membutuhkan 1.200 sampai 1.500 kalori setiap hari untuk bisa berfungsi. Jika dilakukan pengetatan kalori, akan memperlambat metabolisme tubuh yang berakibat menimbulkan masalah kesehatan seperti anemia.