Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan rahasia lagi jika seorang wanita yang mengandung pasti akan mengalami peningkatan berat badan. Lantas, peningkatan itu juga akan tambah parah lagi setelah melahirkan. Hal tersebut adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh setiap wanita.

Diet Saat Menyusui Sebenarnya Aman Asal Perhatikan Hal Berikut ini

Namun, ada sebagian wanita yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang membesar setelah melahirkan. Sehingga mereka ingin cepat menurunkan berat badannya kembali dengan cara diet.

Diet saat menyusui memang sudah sering dilakukan sejak dulu. Namun, walau sudah populer, Anda tidak bisa melakukannya begitu saja. Sebab, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar diet saat menyusui tidak membahayakan diri sendiri, terutama bayi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips diet saat menyusui.

1. Jangan Sampai Kurang Makan

Diet boleh dilakukan, tapi jangan sampai Anda kurang makan. Tapi perlu diingat, Anda membutuhkan nutrisi dua kali lipat, untuk diri sendiri dan bayi. Untuk itu, perhatikan pola makan ketika diet. Jangan sampai keterlaluan sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan nutrisi yang dampaknya akan dirasakan oleh bayi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

2. Perhatikan Makanan

Saat keinginan diet sudah bulat, maka Anda harus menata betul apa saja menu atau daftar makanan yang nantinya akan Anda konsumsi. Perhatikan dengan baik, sebab ada beberapa makanan yang bisa membuat kesehatan bayi terganggu, khususnya dalam pencernaan. Misalnya cokelat, bumbu cabe, dan makanan kecut atau asam bisa membuat pencernaan bayi terganggu.

3. Konsultasi ke Dokter

Hal yang paling penting adalah berkonsultasi ke dokter. Bagaimanapun juga, dokter lebih tahu tentang nutrisi yang baik bagi Anda dan bayi. Ketika dokter memberi saran diet, maka lakukanlah sesuai petunjuknya. Tapi ketika dokter melarang Anda, maka jangan pernah untuk diet karena akan fatal akibatnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi