Terbit: 25 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Diet pisang adalah aturan pola makan dimana Anda hanya boleh makan pisang. Apabila Anda sedang mencari metode diet efektif, mungkin Anda tertarik untuk melakukan diet pisang. Ketahui apa itu diet pisang, manfaat pisang untuk diet, cara diet, efektivitas, dll.

Diet Pisang: Manfaat, Cara, Tips Turunkan Berat Badan, dll

Apa Itu Diet Pisang?

Diet pisang adalah metode diet asal Jepang dimana pisang menjadi makanan utama dari menu makan sehari-hari. Metode ini dikembangkan oleh apoteker bernama Sumiko Watanabe untuk membantu suaminya menurunkan berat badan.

Aturan utama dalam menjalankan diet pisang adalah Anda harus makan pisang setiap saat. Hasilnya, suaminya yang bernama Hitoshi Watanabe berhasil menurunkan berat badan sekitar 16 kilogram. Metode diet ini pun menjadi sangat viral setelah dipublikasikan dalam buku di Osaka Jepang.

Menggunakan pisang untuk diet dianggap efektif, mudah, dan murah. Bukan hanya pisang, namun diet ini mendorong Anda untuk makan buah dan sayur, menghitung kalori harian, dan membuat jurnal diet atau menu makanan Anda setiap hari.

Sebagian besar orang yang mengaplikasikannya mengaku bahwa metode diet pisang atau yang disebut juga dengan Morning Banana Diet ini ampuh untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Manfaat Diet Pisang untuk Menurunkan Berat Badan

Kunci utama dari menurunkan berat badan adalah Anda harus mengonsumsi makanan rendah kalori seperti pisang dan buah lainnya. Satu buah pisang hanya mengandung sekitar 105 kalori yang bagus untuk diet.

Berikut ini adalah manfaat diet pisang, yaitu:

  • Membantu detoksifikasi.
  • Membantu menurunkan berat badan secara alami.
  • Membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Meningkatkan vitalitas dan tingkat energi.
  • Meningkatkan kejernihan pikiran.
  • Mempercepat penyembuhan dan pemulihan tubuh.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, C, B2, B6, B9, mangan, serat, protein, magnesium, kalium, niasin, dan zat besi.

Walaupun demikian, pisang saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan namun Anda harus mengimbanginya dengan pola makan dan aktivitas fisik yang menyehatkan lainnya.

Cara Diet Pisang yang Mudah

Apabila Anda penasaran untuk mencoba metode diet ini, berikut ini adalah cara diet pisang, yaitu:

1. Makan Pisang Setiap Sarapan

Cara melakukan diet pisang yang paling esensial adalah Anda harus makan pisang untuk sarapan. Porsi yang dianjurkan adalah 1-4 pisang segar, bukan pisang yang dibekukan atau diolah dengan cara lainnya dan 2 gelas air hangat. Pastikan Anda tidak kelebihan makan pisang dan membuat perut Anda tidak nyaman.

Apabila Anda masih lapar, tunggu sekitar 15-30 menit untuk jadwal makan selanjutnya. Anda bisa mengombinasikan pisang dengan satu buah lain yang rendah kalori seperti melon, apel, buah beri, dll. Anda juga perlu menghindari makanan cepat saji, gorengan, dan jenis makanan tinggi lemak untuk sarapan.

2. Makan Siang dan Makan Malam Secukupnya

Tidak ada aturan khusus untuk menu makan siang dan makan malam. Anda dapat makan apapun dengan catatan harus makanan sehat seperti buah dan sayur, serta menghitung kalori dan lemak jangan sampai berlebihan. Selain itu, jangan makan camilan atau makanan penutup.

Berikut ini adalah rekomendasi makan sehat selama satu minggu, yaitu:

Senin

  • Makan Siang: Nasi campur, sayuran, dan selada.
  • Makan Malam: Sup sayur dan dada ayam.

Selasa

  • Makan Siang: Tuna panggang, kentang, tomat.
  • Makan Malam: Pasta dengan sayuran rebus.

Rabu

  • Makan Siang: Sup sayur, dada ayam panggang, timun.
  • Makan Malam: Dada ayam panggang, jamur, 1 potong roti panggang.

Kamis:

  • Makan Siang: Bayam, nasi, salad sayur.
  • Makan Malam: Jamur dan steak salmon.

Jumat

  • Makan Siang: Sayap ayam dan kentang.
  • Makan Malam: Sup sayur dan 1 potong roti.

Sabtu

  • Makan Siang: Dada ayam, selada, dan kentang tumbuk.
  • Makan Malam: sup ikan dan 1 potong roti.

Minggu

  • Makan Siang: Ayam panggang panggang dan sayuran rebus.
  • Makan Malam: kentang tumbuk.

Menu tersebut hanya rekomendasi, Anda dapat mengganti menu tersebut dengan makanan sehat lainnya yang sesuai dengan selera Anda. Apabila Anda ingin makan nasi, batasi porsinya dan ganti makanan penutup dengan pisang. Selain itu, Anda disarankan untuk tidak makan malam melebihi jam 6 sore atau maksimal jam 8 malam.

3. Minum yang Cukup

Anda dilarang mengonsumsi minuman manis, beralkohol, berkarbonasi, dan minuman tinggi kalori. Minuman utama adalah air mineral atau air hangat lebih dianjurkan. Sementara teh, kopi, susu rendah lemak, dan minuman diet soda diperbolehkan di luar jam makan namun lebih baik dibatasi.

4. Camilan Sore

Anda dianjurkan untuk makan camilan buah-buahan atau salad buah, namun Anda masih bisa mengonsumsi camilan enak seperti coklat, biskuit, atau kue pada jam 3 sore namun tidak boleh berlebihan. Hindari camilan tinggi kalori seperti es krim, keripik kentang, dan donat.

Tetap batasi dan hitung asupan kalori masuk dalam camilan Anda karena seringkali kalori dan lemak di makanan ringan lebih tinggi daripada makanan utama.

5. Olahraga Teratur

Cara diet pisang selanjutnya adalah dengan menyeimbangkan pola makan sehat dengan olahraga seperti jalan kaki atau jogging. Anda dapat memilih jenis olahraga apapun yang Anda suka dan menentukan jadwal serta durasi olahraga sesuai dengan kemampuan Anda.

6. Jadwal Tidur

Anda tidak dianjurkan untuk tidur terlalu larut atau begadang. Disarankan untuk tidur lebih awal dan menjaga jarak 4 jam antara waktu makan terakhir dengan jam tidur. Ini bukan hanya bagus untuk diet namun juga efektif untuk mengatur pola hidup dan produktivitas Anda.

7. Buat Jurnal Diet Anda

Catat semua makanan yang Anda konsumsi dan asupan nutrisinya, serta durasi olahraga yang Anda lakukan. Jurnal diet dapat membantu Anda untuk memantau dan mengontrol program diet Anda dengan baik. Anda dapat menghitung berapa kalori masuk dan kalori terbakar, serta keseluruhan aktivitas fisik dan hasil diet Anda.

Nah, itulah aturan utama untuk diet pisang pagi hari. Pada dasarnya cara diet pisang sama dengan kebanyakan metode diet, namun Anda mengutamakan pisang untuk sarapan dan camilan. Jika Anda dapat mengikuti semua aturan ini, Anda dapat hasil penurunan berat badan lebih cepat dan signifikan.

Apakah Diet Pisang Bagus?

Morning banana diet adalah teknik yang bagus untuk membantu Anda mengelola pola makan sehat, menghitung kalori, membentuk kebiasaan makan buah dan sayur, serta mendorong Anda untuk olahraga teratur.

Sama seperti metode diet lainnya, apakah hasilnya efektif atau tidak tergantung pada komitmen Anda dalam program penurunan berat badan tersebut. Apabila Anda mengikuti semua cara dan aturannya, Anda akan mendapatkan hasil penurunan berat badan secara maksimal.

Efek Samping Diet Pisang

Berikut adalah kelemahan utama dari morning banana diet, yaitu:

  • Meningkatkan Tekanan Gula Darah: Pisang mengandung fruktosa atau gula darah dalam jumlah tinggi.
  • Sembelit: Terlalu banyak asupan serat menyebabkan sembelit jadi Anda harus imbangi dengan minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.
  • Penyebab Gigi Berlubang: Kandungan fruktosa akan lengket di gigi dan menjadi penyebab gigi berlubang. Anda harus rajin menggosok gigi setelah makan pisang.

Pisang dapat mengurangi rasa lapar dan diklaim sebagai makanan diet paling efektif. Pisang juga kaya nutrisi dan rendah kalori. Apabila Anda mengikuti aturannya dengan baik, Anda akan mendapatkan hasil diet yang sempurna. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum dan selama menjalani diet ini untuk mencegah risiko masalah kesehatan lainnya.

 

  1. DailyAchiever. 2019. Morning Banana Diet: Here’s What I Really Think. https://daily-achiever.com/morning-banana-diet/. (Diakses pada 25 Februari 2020).
  2. ExtremeLoser. 2018. Banana Diet Guide: Lose Weight in 10 Days!. https://www.extremeloser.com/banana-diet/. (Diakses pada 25 Februari 2020).
  3. Rolland, Melanie. 2016. Banana Diet Review: Plan for Weight Loss Results. https://guidedoc.com/banana-diet-review-plan-for-weight-loss-results. (Diakses pada 25 Februari 2020).
  4. RowsomeHealthy. 2016. How To Do A Banana Diet Plan For Detox, Weight Loss And Health. https://www.rawsomehealthy.com/banana-diet-for-detox-weight-loss-and-health/. (Diakses pada 25 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi