3 Metode Diet Sehat yang Paling Aman Bagi Tubuh, Boleh Dicoba!

diet-golongan-darah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, menjaga asupan makanan sangatlah penting selain berolahraga. Hal ini dikarenakan, mengonsumsi makanan sembarangan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengatasinya, yakni dengan cara diet.

Seperti yang Anda tahu bahwa ada banyak metode diet yang bisa dilakukan. Namun, tidak semua diet bagus untuk tubuh. Pasalnya, tidak sedikit metode diet yang ternyata cukup ekstrem dan justru berbahaya bagi kesehatan. Apabila Anda berniat untuk diet, sebaiknya pilihlah metode diet yang aman dan sehat. Berikut adalah beberapa jenis diet sehat yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Diet Karbo

Selain berkalori tinggi, makanan yang mengandung tinggi karbohidrat juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, serta dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti obesitas dan diabetes. Jika selama ini Anda terbiasa mengonsumsi karbohidrat dari nasi, ada baiknya mulai sekarang menggantinya dengan asupan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, kentang, ubi jalar, oatmeals, dan umbi-umbian.

2. Gaya Hidup Vegan

Tidak sedikit orang yang menerapkan pola makan sehat ini, yakni vegetarian. Sesuai namanya, pola makan vegetarian tidak mengonsumsi jenis makanan yang berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu, bahkan yogurt. Para vegetarian hanya mengonsumsi produk nabati saja seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk nabati lainnya. Akan tetapi, pola makan sehat ini ternyata dianggap kurang sehat karena nutrisi yang terdapat di dalam produk nabati kurang lengkap, sehingga juga diperlukan nutrisi dari dalam produk hewani. Terlepas dari kontroversi tersebut, banyak orang yang menerapkan pola makan vegetarian dan mereka memiliki tubuh yang sehat.

3. Paleo Diet

Paleo diet digadang-digadang sebagai pola makan sehat yang diadaptasi dari pola makan nenek moyang pada jaman dahulu kala yang memiliki tubuh sehat. Dalam diet ini, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan alami seperti daging, telur, buah-buahan, sayuran, ikan, rempah-rempahan, kacang-kacangan, dan minyak dengan lemak yang baik. Tantangan dari paleo diet adalah Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang diolah dari pabrik seperti yogurt, kacang-kacangan polong, dan minyak sayur.