Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComDiet mediterania dikenal dengan manfatanya untuk kesehatan tubuh, baik secara umum serta untuk kesehatan jantung. Kini diet mediterania kembali menunjukkan keunggulannya bagi kesehatan tubuh kita, yaitu mampu menjaga kesehatan sendi.

Diet Mediterania Ampuh Jaga Kesehatan Sendi

Semakin banyak penelitian yang mulai melirik manfaat diet mediterania untuk kesehatan sendi. Hal ini didasari dengan gangguan sendi yang kerap terjadi, bukan hanya karena penuaan, namun juga pemilihan bahan makanan yang kurang sehat, salah satunya makanan tinggi lemak.

Diet Mediterania dan Risiko Gangguan Persendian

Pemilihan lemak yang baik, seperti yang diterapkan pada diet mediterania terbukti menurunkan risiko gangguan pada sendi, hal ini telah dibuktikan pada hewan uji.

Untuk mengetahui lebih jauh, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition dengan subjek manusia telah menunjukkan bahwa penerapan diet mediterania berhubungan dengan turunnya risiko gangguan sendi. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya risiko osteroartritis pada subjek yang telah menerapkan diet mediterania.

Selain itu beberapa studi lain juga menunjukkan bahwa diet mediterania berkaitan dengan terdukungnya kesehatan muskoskeletal tubuh.

Diet Mediterania Ampuh Cegah Gangguan Persendian

Diet mediterania terbukti mampu mencegah terjadinya gangguan persendian disebabkan pemilihan bahan makanan dan prinsip pada diet mediterania sangat mendukung fungsi antiinflamasi pada tubuh.

Fungsi ini yang kemudian mampu mencegah berbagai penyakit. Selain itu pola makan dengan prinsip diet mediterania disebut mampu meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kesehatan sendi.

Berbagai hal di atas tentu juga didukung dengan tingginya antioksidan pada diet mediterania. Antioksidan yang tinggi pada diet mediterania akan melawan radikal bebas sehingga hal ini akan menurunkan stres oksidatif. Sehingga tidak hanya kesehatan sendi yang terdukung namun juga kesehatan tubuh secara umum.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, Anda tentu semakin yakin untuk menerapkan diet mediterania, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi